Inilah Penyebab Penyakit Jantung, Gejala dan Cara Pencegahannya

Pembaca yang budiman, tahu tidak apa itu penyakit jantung? Yah tentunya anda harus tahu dong. Penyakit jantung adalah penyakit yang terjadi di jantung. Ya iyalah, namanya saja penyakit jantung.

Betul, tetapi jika dalam bahasan ilmiahnya, definisi seperti itu belumlah cukup. So, apa itu penyakit jantung ? Inilah definisinya:

Pertama, penyakit jantung iskemik (Ischaemic Heart Disease) adalah suatu kondisi dimana jantung anda mengalami gangguan yang sangat serius.  Penyakit jantung yang satu ini pemirsa, memengaruhi banyak sekali orang di seluruh dunia. Nama lain dari penyakit jantung iskemik yakni penyakit arteri koroner.

Kedua, penyakit jantung iskemik merupakan suatu kondisi dimana terjadi penyempitan pembuluh darah arteri jantung yang disebut pembuluh darah koroner. Jantung kita ini memerlukan zat makanan dan oksigen agar dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Nah, sumber makanan dan darah ini harus selalu lancar.  Hal ini dikarenakan jantung kita bekerja keras tanpa henti. Di sinilah peran pembuluh darah koroner yang bertugas untuk memasok darah ke jantung.
Hati- hati dengan penyakit jantung!!

Pada dasarnya, penyebab penyakit jantung adalah sel-sel jantung yang mati dan mengakibatkan pasokan darah ke jantung terhenti/ penyumbatan pembuluh darah. Menurut keterangan dari Federasi Jantung Dunia, sepanjang tahun 2014, di Asia Tenggara mencapai 1,8 juta kasus.

Dan yang paling penting dari definisi penyakit jantung adalah suatu PENYAKIT YANG TERKADANG PENDERITANYA TIDAK MENYADARI BAHWA DIA SEDANG TERKENA PENYAKIT. Wah, bahaya yah tentunya penyakit jantung ini. Inilah yang menjadi alasan mengapa anda harus mengetahui dengan pasti dan benar, gejala penyakit jantung dan cara pecegahannya bilamana gejalanya telah muncul pada tubuh kesayangan anda.

Fakta lain lagi, penyakit jantung merupakan penyakit penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyebabnya? Banyak… mulai dari pola makan dan gaya hidup si penderita.

Artikel ini telah kami susun secara sistematis, mulai dari penyebabnya, gejala hingga yang terpenting cara mencegah penyakit jantug. Wah, simak baik- baik yah pemirsa!!!

Baca juga: Berikut Daftar Obat Penyakit Jantung Pada Umumnya

A. Penyebab penyakit jantung
 
#1. Gaya hidup
Gaya hidup, benar.. Gaya hidup dan pola makan member pengaruh terhadap kesehatan anda, terutama jantung. Dalam hal ini, gaya hidup yang kami maksud yakni seperti merokok, minum minuman beralkohol, malas berolahraga , dan keseringan begadang.

Gaya hidup juga bisa diartikean pola hidup yang berkaitan dengan pola makan dan juga aktifitas fisik lainnya. Kebiasaan buruk pada gaya hidup anda sebaiknya anda tinggalkan. So, aktifitas fisik seperti olahraga menjadi pilihan terbaik untuk anda lakukan secara rutin. Begitu pula makan makanan sehat termasuk pilihan tepat untuk mencegah penyakit jantung.


#2. Usia dan jenis kelamin
Tugas jantung adalah memompa darah setiap detiknya  selama anda hidup. Nah, jantung juga punya umur, tentunya semakin tua maka akan semakin menurun fungsinya. Olehnya itu, kebanyakan penderita penyakit jantung itu berusia sekitar 65 tahun. Selain itu jenis kelamin juga berpengaruh, dalam artian penderita pria lebih banyak daripada wanita.

Kesimpulannya, semakin tua seseorang, maka fungsi tubuh mengalami penurunan yang mengakibatkan seseorang berisiko terkena penyakit jantung.

#3. Tekanan darah yang tinggi
Tekanan darah tinggi alias hipertensi juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain dikenal sebagai penyebab sebagian besar serangan jantung, hipertensi juga dikenal sebagai penyakit yang menyebabkan komplikasi lain. Nah, terkhusus bagi penderita hipertensi, sebaiknya memeriksakan kesehatan jantungnya secara berkala.

#4. Kolesterol
Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh anda juga dapat menyebabkan serangan jantung.  Sedikit mengenai kolestrol, kolesterol tidak lain adalah lemak… Dan lemak sangat mudah menggumpal hingga membentuk plak dan menempel di pembuluh darah. Setelah menggumpal di pembuluh darah otak, maka akan terjadi stroke. Akan tetapi jika menggumpal dan membentuk plak di bilik jantung, maka akan menyebabkan disfungsi jantung dan akhirnya menyebabkan serangan jantung.

Jadi, kolestrol yang normal dalam darah harus kurang dari atau sama dengan 100 mg/dl . Sebaiknya anda mengetahu betul makanan makanan yang mengandung kolesterol tinggi agar bisa menghindarinya.

#5. Keturunan dan riwayat keluarga
Keturunan juga bisa menjadi penyebab seseorang terkena penyakit jantung. Dalam hal ini, seseorang dengan keturunan yang memiliki riwayat penyakit jantung, maka berpotensi besar terkena penyakit jantung pula.

#6. Merokok
Kami membahas rokok secara khusus. Kenapa? Karena yang satu ini adalah penyebab penyakit jantung utama. Karbon monoksida dan kandungan nikotin pada asap rokok dapat memicu munculnya gumpalan darah serta memacu jantung bekerja lebih cepat dari biasanya sehingga akan membuat jantung terbebani. Di samping itu, senyawa kimia yang terdapat pada asap rokok juga dapat membuat dinding arteri jantung anda menjadi rusak yang kemudian akan memicu terjadinya penyempitan.

#7. Diabetes
Pemirsa, penderita diabetes ternyata beresiko terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena penebalan pada dinding pembuluh darah sehingga membuat aliran darah terhambat. Hati- hati bagi penderita diabetes.

#8. Kegemukan
Kerjanya makan mulu, bagaimana tidak sakit?

Obesitas alias kelebihan berat badan juga rentan terhadap penyakit jantung. Orang dengan berat badan yang berlebihan (melewati berat badan ideal) memiliki potensi besar untuk terkena hipertensi, kelebihan kolesterol, dan juga beresiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Sedang anda tahukan? Hipertensi, kelebihan kolestrol dan sebagainya termasuk penyebab penyakit jantung.

#9. Terjadi penyumbatan
Penyakit jantung bisa terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan terbagi 2 macam:

a. Penyumbatan pembuluh koroner besar, yakni terjadi hanya sementara saja dan disertai dengan rasa sakit pada bagian dada yang amat sangat.

b. Penyumbatan pembuluh koroner kecil, yakni penyumbatan yang disebabkan oleh kolesterol atau bisa juga karena pengaruh diabetes. Dampaknya akan membuat pembuluh darah menjadi kaku.
Penyumbatan yang kami maksud tidak lain disebabkan oleh penybab sakit jantung lainnya. Jadi semua sebab saling terhubug sebenarnya.

Lanjut….


B. Gejala penyakit jantung
Peranan jantung dalam tubuh anda begitu penting. Kami tidak perlu mengatakannya lagi mengapa organ yang satu ini sangatlah penting.

Beberapa ciri jantung yang tidak sehat seperti rasa nyeri yang menusuk-nusuk, dada sering berdebar- debar, sesak nafas, kesemutan pada bagian tubuh yang disertai keringat dingin. Masalah serius akan timbul bilamana peredaran darah pada tubuh anda terganggu yang bisa berakibat menghilangkan nyawa.

Setelah anda mengenali gejala penyakit jantung ini, segeralah konsultasi  ke dokter. Karena faktanya, banyak penderita mengalami keterlambatan dalam penanganan. 

Untuk itu, ada DUA hal yang harus anda pahami pada langkah ini.
PERTAMA, pahami dengan gejala penyakit jantung.
KEDUA, setelah mendapati gejala yang serupa, segeralah ke dokter!!!

Baiklah, berikut gejala penyakit jantung:

#1. Sering Keringatan 
Jangan salah paham dulu, yang kami maksud di sini adalah keringat dingin yah pemirsa, kalau keringat hasil olahraga itu mah sehat. Nah, jika telapak anda sering basah dan terasa dingin tanpa sebab, bisa saja hal ini menjadi tanda adanya kelainan pada jantung anda. Penyebabnya adalah sirkulasi darah yang tidak teratur. Jika hal ini terjadi pada anda, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter.

#2. Letih, lelah dan lesu
Semakin cepat detak jantung anda, maka semakin banyak energi yang dibutuhkan. Nah,  apabila anda memiliki kelainan jantung, maka rasa letih, lelah dan lesu akan cepat menyelimuti tubuh anda ketika anda melakukan aktifitas seperti berlari, berjalan, bahkan ketika bangun tidur.

#3. Rasa nyeri di dada
Inilah yang menjadi gejala umum penyakit jantung, saya ulangi inilah gejala umumnya. Penyumbatan arteri pada bilik jantung bisa menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa pada dada bagian kiri dimana jantung terletak. Meskipun rasa nyeri di dada bisa saja disebabkan oleh hal lain, sebaiknya anda tidak menganggap remeh hal ini, terutama saat anda merasakan nyeri sehabis beraktifitas berat , seperti berlari ataupun mengangkat sesuatu.

#4. Sakit kepala
Sakit kepala yang tiba- tiba datang dan pergi bisa juga menjadi awal penyakit jantung. Hal ini karena jantung adalah motor sirkulasi darah. Nah, ketika ada disfungsi pada jantung anda dan sirkulasi darah menjadi terganggu, maka otak akan mengalami efek yang paling utama. Inilah yang menyebabkan sakit kepala tiba- tiba.

Masih banyak titik sakit lainnya. Perhatikan gambar berikut:


#5. Sesak nafas
Sesak nafas adalah suatu gejala yang sering kali ditemukan pada seseorang yang menderita gagal jantung. Sesak nafas ini diseababkan karena masuknya suatu cairan ke dalam rongga udara yang terdapat pada paru-paru.

#6. Jantung berdebar
Jika anda sering merasakan jantung berdebar cukup kencang secara tiba-tiba, maka anda perlu waspada. Hal ini menjadi pertanda ada kelainan pada jantung anda.

#7. Pusing dan pingsan
Pusing dan pingsan bisa disebabkan karena kerja jantung yang kurang maksimal sehingga menyebabkan terjadinya penurunan aliran darah.

#8. Timbul rasa cemas
Rasa cemas biasanya muncul pada seseorang karena memikirkan kondisi tubuhnya yang terkena penyakit. Nah, sebaiknya anda menenangkan diri karena rasa cemas justru akan menganggu jantung anda.

#9. Nafsu makan menurun
 Salah satu indikasi dari penyakit jantung yakni turunnya nafsu makan si penderita secara drastis dan biasanya juga disertai mual dan muntah-muntah.

#10. Ada bagian tubuh membengkak
Apabila anda mendapati salah satu bagian tubuh anda membengkak tanpa sebab, sebaiknya anda waspada. Segeralah konsultasi kepada dokter untuk mengantisipasi dan mencegah hal yang tidak diinginkan.

#11. Rasa sakit pada tubuh
Timbulnya rasa nyeri/ sakit pada bagian tubuh tertentu disebabkan karena aliran darah yang tersumbat kebagian tubuh tersebut sehingga muncullah rasa sakit.

C. Cara mencegah penyakit Jantung

#1. Air panas
Benar pemirsa, minum air panas bisa menjadi salah satu cara simple untuk mencegah penyakit jantung. Bagaimana bisa? Begini ceritanya, bangsa cina dan jepang selalu meminum teh panas sewaktu makan.

Salah satu penjelasannya, ketika anda makan makanan yang banyak mengandung lemak kemudian minum air dingin, maka makanan yang mengandung banyak lemak tersebut tidak akan tercerna. Justru makanan tersebut akan membeku karena lemak yang terkandung di dalamnya akan membeku bila berada pada temperature  dingin. Sebaliknya, makanan tersebut akan mencair pada suhu panas dan akhirnya tercerna.

#2. Tentunya hindari makanan yang mengandung banyak lemak
Makan makanan yang mengandung lemak tentunya berdampak pada tubuh anda. Lemak dari makanan yang menggumpal akan menghambat aliran darah ke jantung sehingga dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah koroner, dimana pembuluh darah ini memiliki funsi untuk menyediakan darah ke otot jantung.

#3. Makanan dengan gula tinggi
Selain menghindari makanan berlemak, pemirsa juga harus menghindari makanan yang mengandung gula tinggi seperti soft drink. Selain itu, sebaiknya anda tidak tertalu banyak mengonsumsi karbohirat. Alasannya,  karena karbohidrat ini bisa berubah menjadi lemak dalam tubuh anda. Sebaiknya anda mengonsumsi oat atau gandum yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat. Ada banyak makanan yang dipromosikan memiliki kandungan oat yang baik, cobalah untuk mengonsumsinya.

#4. Pola makan alias gaya hidup
Seperti yang telah kami jelaskan, pola hidup yang tidak baik seperti kurang olahraga, keseringan makan makanan yang kurang sehat, merokok, dan sebagainya bisa membuat anda terkena penyakit jantung. Cobalah untuk sesekali berpuasa untuk membatasi nafsu makan anda yang berlebihan. Kami rasa puasa itu memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda.

Selain itu, jaga pola makan anda agar tidak berlebihan dan terhindar dari obesitas. Seseorang dengan lingkar pinggang lebih dari 80 cm berisiko lebih besar terkena penyakit jantung.

Sebaiknya, anda mengkomsumsi makanan dengan kandungan gizi yang tinggi dan beragam seperti buah alpukat, kacang - kacangan, sayuran dan sebagainya yang menyehatkan jantung.

Nah, ini ada satu tips mengenai sayur bayam yang ternyata merupakan sayuran yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Hal ini karena sayur bayam mengandung banyak kalium serta rendah akan sodium yang sangat baik untuk jantunng anda. Buah alpukat pun, apalagi kalau diminum dalam bentuk jus, mantapp… Dan tentunya sangat baik untuk kesehatan anda. Iya, buah alpukat mengandung 7 jenis kalium serta kandungan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan jantung anda yaitu vitamin E.

#5. Jaga berat badan ideal anda
Menjaga berat badan anda termasuk salah satu cara menjaga kesehatan jantung anda. Nah, untuk mengetahui apakah berat badan anda ideal,  caranya  cukup mudah. Pemirsa dapat menghitung tinggi badan dikurangi 100 kemudian kalikan 90 %.

Jadi deh, berat badan yang ideal. Contohnya nih “tinggi badan 150 ( 150 – 100 ) * 90 % = 45 Kg”.

#6. Sarapan dengan gandum
Gandum mengandung beta-glucan, serat yang dapat menurunkan kolesterol jahat penyebab sakit jantung. Ini membentuk gel tebal seperti pasta yang mengikat kolesterol dalam usus dan mencegah penyerapan ke dalam aliran darah.

Menurut ahli gizi Dr Sarah Schenker, dengan 3 gram beta-glucan per hari saja (setara semangkuk berukuran rata-rata bubur) dapat menurunkan kolesterol sebesar 5 sampai 10 persen. Wah, jadi selanjutnya, perbanyak konsumsi sarapan berbahan dasar gandum. Kenali makanan yang seperti ini.

#7. Jangan menahan air kencing
Sebuah penelitian yang membuktikan bahwa kandung kemih yang terlalu penuh dapat membuat jantung anda berdetak lebih cepat dari biasanya dan menempatkan tekanan yang tidak perlu pada arteri koroner, memicu mereka untuk berkontraksi.

#8. Jangan duduk terlalu lama
Saat kami menulis artikel ini, saya langsung berhenti saat mengetahui point ini. Duh, kok bisa yah? Iya, Menurut penelitian katanya duduk selama 8 jam sehari ternyata dapat meningkatkan potensi terkena penyakit jantung, kanker, dan diabetes sebesar 40 persen.

Ini tipsnya: "Usahakan jangan duduk lebih dari 4 jam, cobalah sekali-kali berdiri,” kata John Buckley, profesor ilmu olahraga terapan di Chester University. “Maksimal duduk dua jam, selingi dengan berdiri 30 menit.”

#9. Gunakan masker saat tidur
Keseringan begadang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga kematian. Sebaiknya anda tidur dalam kamar yang gelap dan memakai masker saat tidur. Hal ini karena cahaya menekan produksi hormon tidur melatonin.

#10. Sikat gigi secara teratur
Penyakit gusi mempunyai kaitan dengan pengerasan arteri dan serangan jantung. Bakteri yang menyebabkan kerusakan pada gigi diperkirakan bisa memicu peradangan yang ada hubungannya dengan penyakit jantung.

Saran para ahli yakni sikatlah gigi secara teratur dan jangan lupa untuk membersihkan sisa- sisa makanan yang terjebak di antara gigi.

#11.  Bercinta
Bercinta setidaknya dua kali seminggu dapat menjadikan jantung anda lebih sehat dibandingkan tidak bercinta. Menurut Dr Aseem Malhotra ahli jantung, hal ini mungkin karena bercinta memiliki manfaat fisik dan emosional serta dapat mengurangi stress.

#12. Tertawa
Dengan menonton film lucu alias komedy dapat meningkatkan aliran darah lebih dari 20%. Beberapa penelitian menyatakan bahwa tertawa memiliki efek penghilang stres yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

#13. Berlibur
Menurut penelitian, liburan alias refreshing secara teratur dapat mengurangi sepertiga risiko kematian akibat penyakit jantung. Sebaiknya, tempat untuk berlibur adalah tempat yang indah dan cerah serta memiliki udara segar. Faktanya, cahaya sinar matahari dapat mengubah kadar oksida nitrat yang merenggangkan pembuluh darah dan membantu tekanan darah turun.

Baiklah pemirsa, mungkin sampai di sini artikel kami kali ini. Semoga menambah wawasan dan referensi keilmuan pemirsa. Khusus untuk penderita, sebaiknya anda mengikuti langkah- langkah pencegahan sebelum sesuatu yang lebih parah terjadi.

Itu dari kami, terima kasih dan salam sukses semua…..

5 komentar

jangan sampai deh saya terkena penyakit jantung. harus berhati" nih supaya tidak terkena penyakit jantung

Informasi yg bermanfaat sekali gan, salah satu anggota keluarga saya ada yg punya gangguan jantung ... Thanks gan.

wah akhirnya saya tau juga gejala penyakit jantung, btw ane harus berhati2 nih

kudu dijaga deh ini jantung, berharga

Wah lengkap banget pembahasannya hihi klo seumuran saya, tips no.11 blum bisa dipraktekan biar gk kena penyakit Jantung hehe :v


EmoticonEmoticon