Inilah Gejala Penyakit Jantung yang Terjadi Pada Wanita Muda

Nah, anda harus tahu bahwasanya penyakit jantung ini adalah penyakit penyebab kematian nomor satu. Data dari WHO mencatat bahwa pada tahun 2003 terdapat 17 juta lebih orang meninggal karena penyakit jantung. Di Indonesia, organisasi kesehatan dunia mencatat ada sekitar 243,048 meninggal dunia pada tahun 2011 karena penyakit jantung. WHO juga memperkirakan pada tahun 2030 angka kematian karena penyakit ini bisa mencapai 23, 3 juta per tahun, sungguh sangat memprihatinkan.

Maka sangat penting bagi anda khususnya wanita untuk mengetahui gejala penyakit jantung agar bisa terhindar dari hal yang tidak anda inginkan.

Pemirsa pembaca yang budiman, penyakit jantung bisa menyerang dan terjadi kepada anda kapan saja. Bahkan setiap lapisan usia berpotensi terkena penyakit jantung. Hanya saja potensi terkenanya berbeda- beda.

Waspada gejala penyakit jantung

Faktanya, ada 1 wanita harus tumbang akibat penyakit jantung setiap 34 detik. Tidak semua termasuk gejala penyakit jantung.  Namun ada beberapa hal yang menjadi ciri dan tanda gejala penyakit jantung pada wanita muda.

Olehnya itu, saya sarankan anda untuk membaca artikel ini dengan cermat dan seksama agar anda bisa mengambil manfaat dan informasi penting dari artikel yang kami sajikan ini. Semoga apa yang anda cari, bisa anda temukan pada artikel ini.

Apa itu penyakit jantung
Penyakit jantung/ Cardiovaskular Disease menandakan ada permasalahan di dalam jantung anda dimana pembuluh darah tersumbat sehingga darah yang dipompa oleh jantung tidak bisa mengaliri seluruh tubuh. Ketika darah tidak berhasil disalurkan, otomatis oksigen yang dibawa tidak bisa didistribusikan ke organ- oragan tubuh, otak dan bagian penting lainnya.
Baiklah pemirsa, gejala penyakit jantung umumnya pada wanita muda harus anda ketahui agar bisa mengantisipasinya. Nah, secara umum gejala penyakit jantung adalah  timbulnya rasa sakit pada bagian dada sebelah kiri. Rasa sakit tersebut  bisa menyebar ke lengan bagian kiri. Akan tetapi gejala ini justru lebih sering terjadi pada tubuh pria daripada wanita.

Pada wanita muda, ketika muncul gejala penyakit jantung seringkali mereka kesulitan bahkan tidak dapat mendeteksinya. Beberapa kasus penyakit jantung pada wanita justru sering terabaikan. Itulah faktanya pemirsa. Oleh karena itu, anda terkhususnya wanita muda harus mengetahui dan memahami “Gejala penyakit jantung” yang biasa terjadi.

Gejala penyakit jantung pada wanita
Pemirsa, kali ini kita akan membahasan gejala. Duh, saya mungkin sudah banyak kali yah mengatakan gejala. No problem, ini bisa menjadi tanda  untuk anda bahwa hal yang seperti ini sifatnya urgen, alias kepepet.

Para ahli medis telah mempelajari gejala-gejala yang menimbulkan penyakit jantung. Gejala penyakit jantung pada pria lebih mudah untuk diindetifikasi karena penyakit ini lebih sering terjadi pada pria. Olehnya itu para ahli medis telah melakukan identifikasi penyakit ini dengan penelitian yang cukup lama.
Tempat munculnya rasa nyeri gejala penyakit jantung

Harapan kami, jangan sekali- kali menyepelekan sampai- sampai tidak menghiraukan hasil diagnosa anda. Beberapa wanita merasakan nyeri pada dada atau saluran pencernaan mereka menganggap rasa nyeri tersebut hanyalah rasa sakit  biasa. Nah, inilah gejala dari penyakit jantung yang bisa menyerang wanita muda, dan wajib untuk anda perhatikan dengan seksama.

Baiklah pemirsa, berikut gejala- gejala penyakit jantung pada wanita yang harus anda perhatikan:

#1. Rasa nyeri pada kedua lengan atau salah satunya
Biasa juga timbul pada rahang dan leher anda, bahkan di punggung atas. Pemirsa, penyebab dari rasa sakit ini sulit untuk diketahui. Biasanya juga timbul perasaan seperti diikat.

#2. Timbul perasaan seperti melayang, pusing, pingsan, gangguan tidur dan masalah lainnya

#3. Rasa sakit di perut
Tahu tidak pemirsa, sakit perut yang tidak wajar bisa saja menjadi gejala peyakit jantung. Bilamana  anda merasakan sakit perut yang luar biasa disertai dengan mual, maka segeralah ke dokter. Sakit perut pada penyakit jantung biasanya menimbulkan rasa sakit seperti ada beban berat yang menimpa perut anda.

#4. Perasaan mudah lelah
Meskipun anda tidak melaksanakan aktifitas yang berat. Tanpa adanya sebab yang jelas, anda biasa mengalami kelelahan yang berlebih sehingga tidak bisa melakukan aktifitas yang ringan sekalipun. Pemirsa, kejadian ini terjadi hampir 70% dari wanita yang memiliki menderita penyakit jantung. Pada umumnya orang yang terkena penyakit jantung merasakan capek pada bagian dada terlebih dahulu. Setelah itu badan menjadi lemas tak bertenaga. Bahkan ketika anda ingin berjalan pun rasanya berat sekali.

#5. Sulit untuk bernafas
Jika anda merasa sulit untuk bernafas, maka anda harus memeriksakan jantung anda. Sesak nafas adalah salah satu tanda anda mengidap penyakit jantung, apalagi jika ditandai dengan gejala lainnya. Sesak nafas ini biasa  disebabkan karena tidak megalirnya oksigen dalam darah ke paru-paru. Hal tersebut disebabkan karena adanya penyumbatan pada saluran darah.

#6. Rasa nyeri pada dada
Rasanya seperti ditekan benda berat yang bisa dirasakan pada setiap jengkal dada. Biasanya rasa sakit ini akan terjadi beberapa saat. Begitulah, kadangkala timbul dan hilang seketika.

Meski rasa sakit pada dada merupakan gejala umum penyakit jantung, wanita sering kali merasakan keadaan yang berbeda dibanding dengan pria. Pada umumnya, rasa sakit itu biasanya terjadi pada dada bagian kiri. Namun, sebagian wanita biasa mengalami rasa nyeri pada dada bagian kanan, sehingga sering dianggap hanya nyeri biasa karena lelah dan bukan karena sakit jantung. Rasa sakit/ nyeri yang terjadi pada dada wanita ini sebenarnya lebih menyakitkan daripada pria.

#7. Berkeringat dingin
Keringat dingin tentunya berbeda dengan keringat pada umumnya. Seperti keringat yang tercucur akibat dari aktifitas olahraga. Keringat dingin kurang lebih adalah keringat yang dihasilkan karena gugup ataupun stress.

Nah, jika sekiranya tangan anda tiba-tiba mengeluarkan keringat sedang anda tidak berolahraga atau aktifitas lain yang mengeluarkan keringat, anda harus mewaspadai hal tersebut.

#8. Rasa sakit pada banyak bagian tubuh
Dalam keadaan umum, sakit jantung ditandai dengan adanya rasa sakit dada, wanita akan mengalami rasa nyeri pada banyak bagian, seperti lengan, leher, rahang dan punggung.

Rasa sakit pada bagian tersebut umumnya tidak terjadi pada pria, sehingga itulah alas an mengapa banyak wanita yang tidak menyadari bahaya dibalik nyeri tersebut. Rasa sakit tersebut merupakan kondisi yang tak wajar. Seandainya anda merasakan nyeri pada bagian tersebut, khususnya wanita, segeralah periksakan pada dokter!!

Baiklah pemirsa, itu tadi gejala penyakit jantung yang biasanya terjadi pada wanita muda. Nah, apabila anda memang sering merasakan gejala penyakit jantung di atas, sebagian besar atau semuanya, segeralah periksa ke dokter dan minta bantuan medis.

Gambar tempat rasa sakit pada tubuh gejala penyakit jantung

Harapan kami paling penting semoga anda sehat selalu dan baik- baik saja. Namun jika gejala muncul, seyogyanya anda tidak sekali- kali menunda dan mengabaikan gejala tersebut. Di sinilah peran dokter ahli yang akan memberikan pertolongan dan diagnosa yang tepat guna untuk gejala anda.

Fakta mengenai penyakit jantung
Kami lansir dari KOMPAS.com, katanya tidak ada diskriminasi atau perbedaan jenis kelamin ketika muncul gejala penyakit jantung, jadi baik pria maupun wanita itu sama saja.

Dalam hal ini, baik laki- laki maupun perempuan itu mempunyai resiko terkena penyakit yang mematikan ini. Meski tidak mengenal gender, namun ada perbedaan gejala penyakit jantung yang timbul antara pria dan wanita.

Menurut Richard Krasuski, dokter spesialis penyakit jantung dari Cleveland Clinic:
"Dalam serangan jantung, waktu adalah otot. Semakin cepat Anda mendapat pertolongan, jantung Anda akan semakin bisa diselamatkan,"

Nah pemirsa, itu artinya anda harus bisa secepat mungkin untuk mengenali gejala serangan jantung. Bisa jadi gejala yang muncul bukan seperti yang anda pikirkan, apalagi jika hal ini dialami oleh wanita muda.

Gejala-gejala umumnya yakni seperti ada tekanan di dada, sesak napas, atau ada tekanan di antara bahu, sering membuat seorang wanita berobat ke dokter. Itu yang telah kami sebutkan di atas.

Ada fakta baru lagi nih pemirsa, mengenai serangan jantung, bukan sakit jantung. Bersumber dari kompas.com, sebuah penelitian pada tahun 2013 menemukan satu dari lima wanita yang pernah mengalami serangan jantung, gejala yang mereka alami bukanlah rasa sakit di dada. Akan tetapi yang mereka rasakan adalah sakit pada rahang, leher, atau tenggorokan, serta merasa amat kelelahan, mual, dan pusing.


Bagaimana kiranya jika anda tidak mengenal tanda  tersebut sebagai gejala serangan jantung dapat berisiko memperlambat penanganan medis. Faktanya, banyak orang tidak menyadari keluhan yang dialaminya ternyata termasuk gejala dari serangan jantung.

Wanita yang memiliki gejala tersebut sekiranya bisa lebih memperhatikan gaya hidupnya. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, kendalikan tekanan darah, dan berolahraga secara teratur.


Penelitian juga telah membuktikan bahwa resiko penyakit jantung bisa meningkat setelah wanita mengalami menopause. Wanita yang lebih muda yang mengalami menopause dini kehilangan estrogennya lebih dini pula, maka mereka juga berisiko.

Apa sebenarnya peran hormone estrogen daam hal ini?

Menurut Marla Mendelson, kardiolog dari Center for Womens Cardiovaskular Health di Bluhm Cardiovaskular Institute, bahwa hormon estrogen menjaga fleksibilitas pembuluh darah dan memperlancar aliran darah.

Sekian artikel kami kali ini pemirsa, terima kasih banyak dan salam.Semoga bermanfaat yah!!!


EmoticonEmoticon