Tentang Penyakit Jantung Iskemik, Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti tentang penyakit jantung iskemik/koroner dan uraian mengenai hal tersebut, anda harus mengetahui define atau apa itu penyakit jantung iskemik.

Nah, artikel kali ini akan membahas penyakit jantung iskemik secara detail, mulai dari pengertian, penyebab, gejala hingga cara mengatasinya. Simaklah baik- baik artikel kali ini…

Baiklah, kta mulai….

A. Apa itu penyakit jantung iskemik
Nah, kami mungkin akan menjelaskan lebih dari satu definisi penyakit jantung iskemik ini dari berbagai website. Simak baik- baik yah!!!
Penyakit jantung iskemik: Terjadi karena penumpukan plak pada arteri.


Pertama, penyakit jantung iskemik (Ischaemic Heart Disease) adalah suatu kondisi dimana jantung anda mengalami gangguan yang sangat serius.  Penyakit jantung yang satu ini pemirsa, memengaruhi banyak sekali orang di seluruh dunia. Nama lain dari penyakit jantung iskemik yakni penyakit arteri koroner.

Kedua, penyakit jantung iskemik merupakan suatu kondisi dimana terjadi penyempitan pembuluh darah arteri jantung yang disebut pembuluh darah koroner. Jantung kita ini memerlukan zat makanan dan oksigen agar dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Nah, sumber makanan dan darah ini harus selalu lancar.  Hal ini dikarenakan jantung kita bekerja keras tanpa henti. Di sinilah peran pembuluh darah koroner yang bertugas untuk memasok darah ke jantung.
Penyebab kematian terbesar: penyakit jantung koroner/ iskemik


B. Penyebab penyakit jantung iskemik
Ada beberapa hal yang berhubungan dengan penyakit jantung iskemik ini. Faktor umum yang berpotensi menjadi penyebab penyakit jantung iskemik ialah seperti merokok, kadar kolesterol dan tekanan yang tinggi dan akibat dari diabetes mellitus. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwasanya faktor genetik dan keturunan juga termasuk sebagai faktor potensial penyebab penyakit jantung iskemik.

Sebelum membahas lebih mendalam penyakit jantung iskemik, ada baiknya jika anda mengetahui faktor penyebab umum penyakit jantung. Apa saja?

#1. Makanan cepat saji
Penyebab penyakit jantung salah satunya adalah lemak. Memang benar lemak tubuh membutuhkan lemak yang berfungsi sebagai cadangan makanan agar tubuh kita tetap stabil. Masalahnya jika terjadi penumpukan lemak di tubuh, itu yang perlu anda waspadai.

#2. Telur
Waduuh, kok telur juga termasuk penyebab penyakit jantung? Iya, hal ini dikarenakan telur mengandung protein yang tinggi, terutama pada kuning telur yang sangat cepat untuk meningkatkan kolesterol dalam darah. Ini bsa menimbulkan serangan jantung mendadak.

Sedikit info, lebih baik anda mengonsumsi putih telurnya saja dari pada kuningnya. Dan jika bisa, hindari menggorengnya, lebih baik merebusnya.

Adapula makanan yang diolah dengan cara digoreng, lebih berbahaya bagi terjadinya serangan jantung mendadak. Dimana lemak akan membuat jantung berhenti berdetak meskipun dalam waktu sepersekian detik. Nah, hal ini akan menimbulkan komplikasi dikarenakan aliran darah akan berhenti seketika. Saran kami pemirsa, hindarilah makanan cepat saji karena di dalamnya terkandung kadar lemak yang sangat tinggi.
Merokok merupakan penyebab utama penyakit jantung
Di Indonesia, penyakit ini telah menjadi penyebab kematian nomor satu. Fakta lainnya, jumlah kasus kematian karena penyakit jantung terus meningkat dari tahun ke tahun. Wah, anda harus hati- hati dengan penyakit jantung ini loh pemirsa!! Makanya, peliharalah jantung anda dari sekarang dengan banyak berolahraga dan makan makanan sehat plus bergizi.

Selanjutnya kita kembali ke penyakit jantung ISKEMIK. Ada loh penelitian yang menunjukkan bahwa penyakit jantung iskemik sering terjadi sebelum seseorang berumur 20 tahun. Penyakit jantung iskemik terjadi ketika ada penyumbatan parsial aliran darah ke jantung. Jika aliran darah benar-benar terhambat,  potensi terjadinya infark miokard (serangan jantung) akan semakin besar.
Dampak yang bisa saja terjadi akibat penyakit jantung iskemik ini ialah penumpukan plak pada arteri yang disebut arteriosclerosis atau pengerasan pembuluh darah. Nah, hal ini dapat membuat dara menggumpal dan sangat berisiko menimbulkan serangan jantung atau stroke. Pengerasan pembuluh darah dan penyumbatan pada arteri utama merupakan salah satu penyebab utama kematian loh pemirsa.

Selanjutnya adalah faktor-faktor penyebab penyakit jantung iskemik yakni:

a. Keseringan mengonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi, berminyak dan mengandung banyak garam

b. Kurang gerak, malas berolahraga dan kondisi stress. Berolahraga terbukti dapat menurungkan stress. Olehnya itu memperbanyak olahraga termasuk pencegahan penyakit jantung. Silahkan baca di sini

c. Kelebihan berat badan atau obesitas

d.  Perokok, terutama pecandu rokok yang sudah lama. Kami rasa pada bungkus rokok tertulis dampak negative yang bisa ditimbulkan dari merokok, salah satunya penyakit jantung.

e. Kurang istirahat, perbanyak istirahat anda minimal 5 jam perhari dan maksimal 8 jam.

C. Gejala penyakit jantung iskemik
Tahukah anda pemirsa? Bahwasanya salah satu organ yang paling berperan penting pada tubuh anda adalah jantung. Bayangkan saja jikalau anda tidak mempunya jantung!! Bagaimana jadinya tubuh anda tanpa jantung?

Dikatakan sangat penting karena peran jantung ini yang berfungsi untuk memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.
Penyakit jantung iskemik yang disebabkan oleh plak yang tertimbun.

Baiklah, berikut gejala penyakit jantung iskemik:

#1. Keseringan sakit kepala
Jika kepala anda terasa sakit saat anda terkena sinar matahari maka hal ini perlu anda waspadai. Tentunya hal ini termasuk tanda bahwa jantung anda sedang bermasalah. Pengaruh ini bisa menimbulkan denyut jantung lebih lambat atau lebih cepat. Selain itu sakit kepala juga bisa diakibatkan karena terjadinya penyimpanan sirkulasi darah.

#2. Bagian kaki dan perut bengkak
Terjadinya pembengkakan karena menumpuknya cairan di dalam tubuh yang umumnya terjadi pada bagian kaki dan perut. Gejala ini merupakan tanda bahwa jantung anda sedang bermasalah serta adanya kelainan pada katup jantung.

#3. Jantung anda berdebar-debar
Jantung berdebar- debar disebabkan adanya penebalan otot pada katup jantung. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pada katup jantung hingga terjadi kebocoran.

#4. Sesak napas
Sesak napas  terjadi karena pembuluh darah menjadi tebal yang menghambat pasokan darah ke deluruh tubuh. Denyut jantung menjadi tidak teratur, ditambah dengan adanya kelainan pada organ hati.

#5. Keringat dingin
Lazimnya, seseorang akan berkeringat ketika selesai berolahraga, cuaca panas atau aktivitas lainnya. Namun jika anda dengan mudahnya  banjir keringat  meski tidak melakukan aktivitas apapun, ada kemungkinan jantung anda bermasalah.

#6. Merasa mual
Penderita penyakit jantung sering merasa mual sehingga terjadinya penurunan nafsu makan.

#7. Rasa cemas dan tegang
Si penderita penyakit jantung biasanya merasa cemas dan tegang. Hal ini disebabkan karena ia mengalami trauma. Jika hal ini terjadi, anda harus mengatasinya. Dianjurkan untuk tetap tenang dan hilangkan kecemasan itu.

#8. Rasa nyeri pada dada 
Inilah ciri utama dan paling awal penyakit jantung.  Faktanya pemirsa, rasa nyeri ini tidak hanya dirasakan oleh penderita penyakit jantung,  tetapi penderita penyakit lainnya pun bisa merasakannya.

#9. Tekanan darah yang naik
Naiknya tekanan darah ini sering terjadi pada mereka yang mengalami obesitas. Selain itu, makanan yang mengandung kadar garam yang cukup tinggi juga dapat meningkatkan tekanan darah.

#10. Sering merasa lelah
Seperti dengan penderita penyakit anemia (kurang darah), keseringan merasa lelah juga terjadi pada seseorang yang mempunyai riwayat penyakit jantung. Pada saaat anda merasa lelah meskit tidak beraktifitas, maka hal ini perlu anda waspadai. Saran kami, konsultasilah  pada dokter untuk memeriksa kesehatan anda.


D. Cara mencegah penyakit jantung iskemik
Langkah sederhana yang dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit ini sebenarnya cukup sederhana. Makan makanan yang bergizi dan menghindari pantangan penyakit jantung seperti makanan tinggi lemak jenuh, berolahraga lebih teratur untuk memperkuat sistem kardiovaskular, berhenti meminum alkohol, dan berhenti merokok.

Pemirsa yang baik, seperti yang kami katakan di atas, cara pencegahan penyakit jantung iskemik terbilang cukup mudah dan sederhana loh. Bagaiamana caranya? Simak selengkapnya:

#1. Konsumsi antioksida
Kendaraan yang anda lihat setiap harinya sebenarnya menghasilkan polusi yang akan menciptakan radikal bebas di dalam tubuh anda. Nah, hal ini tentunya dapat membuat bisul timbul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Olehnya itu, anda harus mengeluarkan radikal bebas tersebut dengan cara menkonsumsi makanan yang mengandung antioksida, seperti buah dan sayur.

#2. Coklat
Fakta unik lainnya adalah dengan mengonsumsi coklat dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi coklat hitam dapat menjaga kesehatan jantung. Ini disebabkan karena flavonoid yang terdapat pada coklat hitam mampu menjaga saluran arteri tetap fleksibel.

#3. Vitamin B kompleks
Penelitian yang dilakukan di Swiss menyatakan bahwa 200 orang pria dan wanita yang mengkonsumsi vitamin B, yaitu asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12 memiliki kadar homosistein lebih rendah 40% ketika melakukan operasi membuka arteri dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengkonsumsi vitamin tersebut. Bahkan, penelitian tersebut juga menunjukan bahwa mengkonsumsi vitamin B kompleks mampu membuat pembuluh darah lebih luas. Nah, anda bisa menemukan vitamin B kompleks pada makanan- makanan tertentu yang mengandung B kompleks.

#4. Stop smoking!!!
“Merokok membunuhmu”….  Itu yang tertera pada bungkus rokok. Faktanya masih banyak perokok di Indonesia.
Merokok mengambil peran utama dalam penyakit ini.  Rokok mengandung banyak zat berbahaya. So, stop merokok jika anda memang sayang dengan jantung anda pemirsa.

#5. Hilangkan strees
Strees tentunya memberikan pengaruh buruk bagi tubuh anda, yang nantinya akan mendatangkan depresi dan gangguan jiwa. Jika strees tersebut anda biarkan,  maka tubuh anda berpotensi untuk terkena penyakit jantung, salah satunya iskemik.

#6. Konsumsi makanan sehat
Cara mencegah penyakit jantung iskemik lainnya yani dengan mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang banyak mengandung lemak atau kolesterol tinggi.

#7. Rutin berolahraga
Olahraga akan memperkuat sistem kordiovaskular anda. Selain itu masih banyak manfaat olahraga yang bisa anda dapatkan. Silahkan baca di sini untuk info lebih lanjut mengenai manfaat olahraga bagi penderita penyakit jantung.

#8. Jaga pola tidur
Dalam hal ini anda harus tidur secara teatur. Dalam sebuah studi di Harvard menyebutkan bahwa 7.000 wanita yang mengikuti tes untuk tidur kurang dari 7 jam memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi. Para ilmuwan tersebut berspekulasi bahwa faktor yang mempengaruhinya berkenaan dengan peningkatan tekanan darah, peningkatan hormon stres dan pengaruh kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu, jika anda ingin terhindar dari penyakit jantung secara alami, seyogyanya anda menjaga pola tidur anda.

#9. Konsumsi ikan
Dalam sebuah studi oleh Journal American Medical Association menyebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi ikan setiap minggunya memiliki risiko terkena serangan penyakit jantung lebih kecil atau memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung lebih sedikit dibandingkan orang yang mengkonsumsi ikan hanya sebulan sekali. Inilah keajaiban mengonsumsi ikan. Jadi rutinlah mengonsumsi ikan yah!!!

#10. Makanan sereal kaya serat
Mengkonsumsi makanan sereal berserat tinggi minimal empat kali dalam seminggu juga termasuk cara mencegah penyakit jantung iskemik. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinic Nutrition disebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan berserat sebanyak 23 gram setiap hari memiliki risiko terkena serangan jantung 23 persen lebih kecil dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi 11 gram serat.

Sedang untuk pria, penelitian menunjukan bahwa diet dengan mengkonsumsi serat yang tinggi mampu mencegah kemungkinan terkena serangan jantung hingga mencapai 36 %.

#11. Minum teh
Mengkonsumsi teh terbukti dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Baik itu teh hijau maupun hitam memiliki manfaat yang baik untuk mencegah penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian dari 17 studi disebutkan bahwa mengkonsumsi teh sebanyak 3 gelas setiap hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga mencapai 11%. Sebaiknya konsumsi teh dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Cangkir yang anda gunakan untuk minum teh cangkir sebaiknya berukuran sangat kecil.

#12. Mengonsumsi kacang
Cara mencegah penyakit jantung iskemik tidak kalah mudahnya adalah dengan banyak mengonsumsi kacang- kacangan. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi kacang secara teratur dapat menurunkan risiko terkena stroke sebanyak 20 % dan risiko penyakit jantung sebanyak 13%.

#13. Konsumsi buah ceri
Penelitian menyatakan bahwa kandungan buah ceri merah yakni senyawa anthocyanin dapat menurunkan risiko terkena asam urat dalam darah yang menjadi pertanda munculnya serangan jantung dan stroke.


Sangat banyak cara mencegah penyakit jantung iskemik. Saatnya anda untuk action dan tidak menunda- nunda lagi. Ikuti tips di atas dan perbanyak doa, semoga anda sehat selalu.

Sampai di sini artikel kali ini pemirsa. Semoga bermanfaat bagi anda dan orang banyak. Terima kasih dan salam sukses buat anda.

5 komentar

artikel yang bermanfaat gan. makasih infonya

Makasih infonya gan, saya sendiri bukan perokok, tapi ayah perokok dan gak mungkin stop, jadi ada saran gan?

thanks infonya, menambah wawasan dan sangat membantu untuk mencegah tuh penyakit jantung. nicepost!

Sebenarnya masih bisa berhenti merokok, caranya? Yah dilakukan dengan cara bertahap tentunya, sama seperti paman saya. Bisa juga dengan rehab kok. Tapi kalau sudah terlanjur kecanduan, saran kami perbanyak olahraga dan makan makanan bergizi, serta perbanyak istirahat.

Thanks infonya, kadang w juga suka merinding kalo denger penyakit jantung


EmoticonEmoticon