Simak 9 Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini!!!

Baiklah pemirsa, ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya serangan jantung sejak dini. Olehnya itu, ikutilah tips- tips yang akan kami bahas di bawah ini untuk mencapai gaya hidup sehat.

Mungkin sebagian dari anda berfikir bahwa penyakit jantung akan menyerang orang-orang yang telah renta dan menginjak usia lanjut. Padahal itu semua salah, penyakit jantung juga bisa menyerang orang dewasa, anak muda bahkan yang masih anak-anak. Walaupun belum terlalu banyak, tentu anda harus waspada dan mencegah penyakit jantung sejak dini.

Banyak sekali penyebab penyakit jantug yang diderita ribuan hingga jutaan orang. Apalagi, seiring perkembangan jaman, manusia semakin meningkatkan pola hidup, kebiasaan makan yang berlebih, terlalu banyak aktivitas tanpa diselingi istirahat, dan sangat gemar merokok menjadi pemicu penyebab timbulnya penyakit jantung.

Cegahlah penyakit jantung sejak dini. Mencegah lebih baik daripada mengobati
Dilansir dari situs resmi World Health Organization (WHO) bahwa faktor yang menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia saat ini adalah penyakit jantung koroner. Maka dari itu, kali ini kami akan membahas dan menjabarkan hal-hal apa saja yang menyebabkan orang terkena penyakit jantung dan juga apa yang harus anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung sedini mungkin.
Cara mencegah penyakit jantung sejak dini? Simak yang di bawah ini!!


#1. Rajin berolahraga
Rajin berolahraga adalah tahap pertama dalam mencegah penyakit jantung sedini mungkin. Pada kondisi yang sehat dan normal, jantung berdetak kurang lebih sebanyak 100.000 dan memompa setidaknya 2.000 galon darah berisi oksigen yang akan disalurkan ke seluruh tubuh anda melalui pembuluh darah. Ketika anda berolahraga, anda akan merasakan jantung anda berdetak lebih kenjang dan juga lebih banyak. Itu menandakan berolahraga dapat memperkuat jantung anda sehingga jantung yang anda miliki lebih efiesien dan menyalurkan lebih banyak oksigen ke seluruh bagian tubuh anda. Dan ini menyebabkan tubuh anda menjadi semakin sehat dan lebih berenergi karena peredaran darah dan suplai oksigen meningkat. Tetapi anda harus ingat, anda tidak boleh terlalu memaksakan banyak berolahraga karena malah fatal akibatnya. Yang terpenting adalah kerutinan dan ketelatenan anda dalam berolahraga.


#2. Kendalikan kadar kolesterol anda
 Ada dua jenis kolesterol yakni High-density lipoprotein (HDL) "kolestrol baik" untuk anda. Low-density lipoprotein (LDL) "kolestrol buruk" untuk anda. Apabila terdapat banyak kolesterol buruk dalam darah anda, maka dapat  meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika LDL anda tinggi, dokter mungkin akan memberikan resep untuk membantu menurunkannya. Anda juga harus mengonsumsi makanan sehat jantung dan memulai program latihan.

#3. Mengatur pola makan yang sehat
Menjaga pola makan bukan hanya dilakukan ketika sedang diet saja, ketika tidak diet pun anda dianjurkan untuk tetap menjaga pola makan. Pola makan yang sehat akan mengarahkan tubuh anda ke arah yang lebih sehat pula. Pola makan yang tidak teratur dengan menu yang asal asalan dan tidak melihat nilai gizi akan menyebabkan banyak penyakit terutama penyakit jantung. Ini dikarenakan pola makan yang tidak sehat akan menciptakan kolesterol yang jahat. Apabila kolesterol jahat terus dibiarkan terlalu lama di dalam tubuh anda, maka akan terjadi atherosclerosis dan penyumbaan pembuluh darah. Bisa anda bayangkan kah jika pembuluh darah tersumbat lalu tidak bisa menahan pompaan darah dari jantung dan pada akhirnya pecah?

Konsumsi makanan sehat!
Pola makan yang sehat adalah makan tiga kali sehari yaitu sarapan, makan siang dan juga makan malam. Jangan lupa anda juga harus menyantap sayuran hijau serta makanan rendah lemak lain sebagai menu harian anda. Jika seandainya menurut anda perlu, anda bisa mengonsumsi asupan vitamin tambahan untuk menambah daya imun dalam tubuh anda. Anda kami sarankan untuk menghindari terlalu banyak garam bersodium dan pemanis buatan. Ini dikarenakan garam bersodium dan pemanis buatan yang berlebih sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh anda, sebaiknya anda menggantinya dengan garam nonsodium dan pemanis alami yang sudah terbukti lebih sehat dan rawan akan efek samping.


#4. Kontrol tekanan darah anda
Tekanan darah tinggi dapat memberi tekanan pada jantung dan pembuluh darah anda. Konsultasilah dengan dokter tentang cara mengontrol tekanan darah anda. Usaha yang bisa anda lakukan seperti  berolahraga, menjaga diet rendah garam, dan menurunkan berat badan jikalau anda kelebihan berat badan. Dokter juga mungkin akan memberikan anda resep obat untuk membantu mengendalikan tekanan darah anda. Sanga penting bagi anda untuk mengikuti saran dokter. Jangan lupa berdoa yah!!

#5. Penyakit diabetes
Peliharalah jantung anda sejak dini!

Diabetes adalah penyakit yang berhubungan dengan kadar hormon insulin. Anda dapat memiliki diabetes tipe 1 apabila tubuh anda tidak menghasilkan insulin apapun. Di samping itu, anda juga dapat memiliki diabetes tipe 2 jika tubuh anda tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak menggunakannya dengan benar. Penyakit diabetes dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Konsultasilah dengan dokter mengenai diabetes. Jika anda terkena penyakit ini, dokter dapat membantu anda membuat rencana untuk mengontrol kondisi anda.

#6. Tidur yang cukup
Jantung tidak bisa dipaksa untuk bekerja terus menerus dan tentunya membutuhkan istirahat. Ketika anda tertidur, denyut jantung akan mengalami penurunan antara 10 hingga 30 denyut per menit. Hal ini menyebabkan penurunan tekanan darah sehingga kerja jantung menjadi berkurang. Jadi, ini adalah waktu yang tepat untuk jantung beristirahat. Selain itu, saat tidur sel-sel dan jaringan rusak yang biasanya menghasilkan racun juga menjadi kurang aktif. Hal ini memberikan kesempatan bagi jaringan yang rusak untuk pulih kembali.
Istirahatlah secukupnya!!!
 Jika anda kurang tidur, keadaan akan menjadi sebaliknya. Jantung anda tidak akan mendapatkan waktu yang cukup untuk istirahat dan tubuh hanya memiliki sedikit kesempatan untuk menyembuhkan dan memulihkan sel-sel maupun jaringan yang sedang rusak.
Sebaiknya, agar anda bisa membiarkan jantung ada untuk istirahat paling tidak anda harus tidur yang cukup. Paling tidak anda harus tidur minimal 7-8 jam dalam sehari.

#7. Jauhkan diri anda dari yang namanya rokok
Bahaya rokok bagi kesehatan jantung bukanlah rahasia umum lagi. Tembakau dan asap yang ditimbulkan rokok adalah penyebab utamanya. Memang kerusakan tidak dapat dilihat secara fisik, namun jika anda lihat menggunakan alat medis, maka anda akan menemukan banyak kerusakan yang terjadi pada seorang perokok.

Organ seorang perokok terutama dibagian jantung dan paru-paru akan menjadi kotor dan berwarna lebih gelap dibanding orang yang tidak merokok, bahkan bisa menjadi hitam pekat. Selain itu, efek dari rokok tidak hanya menyerang perokok aktif, tetapi juga pasif.  Hal tersebut karena dibandingkan perokok aktif, perokok pasif lebih banyak menghirup nikotin dan tar serta karbon monoksida yang mengandung amonia dan cacum dalam jumlah yang sangat tinggi yang dikeluarkan oleh asap dari perokok aktif. Jadi, merokok bukan hanya berbahaya untuk anda tetapi juga berbahaya untuk orang-orang diseandar anda.

Diluar penyakit jantung, rokok juga menyebabkan banyak sekali penyakit lainnya. Seperti kanker paru-paru, gangguan pernafasan, kerusakan memori, dan juga impotensi.

#8. Mencegah stress yang berlebihan
Sebenarnya, stres dalam jumlah yang cukup sangat diperlukan manusia agar manusia berhasil mencapai tujuan dan cita-cita dalam hidupnya. Namun, stres yang terlalu banyak alias berlebihan sangatlah berbahaya hingga dapat merusak kesehatan.

Stres yang berlebih dapat menimbulkan depresi. Belakangan ini telah terungkap bahwa depresi dapat menyebabkan hiperagregasi trombosit dan hiperkortisolemia sehinga menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah terus-menerus tersumbat, akan lebih besar kemungkinan terkena penyakit jantung koroner. Ingatlah, menurut situs resmi WHO (World Health Organization), bahwa penyebab kematian orang terbanyak di dunia ini diakibatkan oleh penyakit jantung koroner.
Jadi, untung mencegah penyakit jantung mulai dari dini, janganlah anda membebani pikiran anda dengan hal-hal negatif yang seharusnya tidak terlalu anda pikirkan. Anda juga harus lebih banyak refreshing berupa hiburan untuk menenangkan pikiran dan tubuh anda.

#9. Mengonsumsi antioksidan
Anti oksidan adalah sifat zat atau senyawa nutrisi yang berguna untuk melindungi sel-sel di tubuh dari dampak radikal bebas yang merusak. Antioksidan dapat diperoleh dari suplemen kesehatan maupun makanan kaya akan antioksidan seperti teh, kacang-kacangan, anggur merah, coklat, dan juga minyak zaitun. Tetapi disisi lain, mengonsumsi terlalu banyak suplemen antioksidan dapat bedampak buru bagi kesehatan, dan bisa terjadi jika anda mengonsumsinya secara asal-asalan tanpa pengawasan dari dokter. Kami menyarankan untuk anda, agar lebih baik mengonsumsi antioksidan alami yang lebih sehat dan tanpa efek samping.

Kemampuan lain dari antioksidan adalah meningkatkan kemampuan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi maupun virus dan bakteri jahat.

Jadi itulah artikel mengenai cara mencegah penyakit jantung sejak dini. Semoga isi dari artikel ini bisa bermanfaat dan bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan yang paling penting dari kesemua itu adalah doa anda, karena manusia hanya bisa berusaha, Tuhan-lah yang menentukan hasilnya.

Terima kasih dan salam sukses untuk anda semua.

3 komentar

mantabb nih antioksida contohnya kek gimana ya gan? ane jarang olahraga juga nih tapi gk ngerokok

bermanfaat banget gan infonya

Banyak, Seperti kubis, kol dan masih banyak lainnya.


EmoticonEmoticon