Bagaimanakah Cara Tepat Pengobatan Penyakit Jantung Koroner?

Pengobatan penyakit jantung koroner - Ada banyak cara untuk mengobati penyakit jantung koroner, seperti perubahan gaya hidup sehat, mengonsumsi obat, prosedur medis dan operasi, dan rehabilitasi jantung. Tujuan pengobatan meliputi:

  • Menurunkan risiko pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung
  • Mencegah komplikasi penyakit jantung koroner
  • Mengurangi faktor risiko dalam upaya memperlambat, menghentikan, atau membalikkan penumpukan plak
  • Menghilangkan gejala
  • Melebarkan arteri yang tersumbat
Lebih baik mencegah daripada mengobati

A. Perubahan gaya hidup jantung sehat

Dokter akan merekomendasikan anda untuk melakukan perubahan gaya hidup sehat jika anda menderita penyakit jantung koroner. Perubahan gaya hidup sehat
jantung meliputi:

1. Konsumsi makanan jantung sehat
2. Mempertahankan berat badan yang sehat
3. Mengelola stres
4. Aktivitas fisik
5. Berhenti merokok
6. Obat-obatan

1. Konsumsi makanan sehat
Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi baik buat jantung anda. Anda bisa mengonsumsi:

  •     Produk susu rendah lemak atau rendah lemak, seperti susu bebas lemak
  •     Ikan tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon, tuna, dan trout, sekitar dua kali seminggu
  •     Buah-buahan, seperti apel, pisang, jeruk, pir, dan plum
  •     Kacang polong, seperti kacang merah, kacang lentil, buncis, kacang polong hitam, dan kacang lima
  •     Sayuran, seperti brokoli, kol, dan wortel
  •     Biji-bijian utuh, seperti oatmeal, beras merah, dan tortilla jagung

Selain itu, saat anda mengikuti diet sehat jantung, sebaiknya hindari makanan:

  • Banyak daging merah
  • Minyak kelapa sawit dan kelapa
  • Makanan dan minuman manis

Sodium
Anda harus berusaha membatasi jumlah sodium yang
anda makan. Ini artinya anda harus pintar- pintar memilih dan menyiapkan makanan yang rendah garam dan sodium. Cobalah untuk menggunakan makanan rendah sodium tanpa tambahan garam. Anda bisa membaca label pada makanan untuk mengetahui tentang pilihan makanan yang lebih rendah sodium. Usahakan makan tidak lebih dari 2.300 miligram sodium sehari. Jika anda memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya anda membatasi asupan sodium anda lebih banyak lagi.

Pendekatan Diet untuk Menghentikan Hipertensi
Jika anda memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya anda membuat rencana diet untuk menghentikan hipertensi. Anda bisa mulai fokus untuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan lain yang sehat jantung dan rendah lemak, kolesterol, dan sodium dan garam.

Alkohol
Nah, ini yang pentung. Usahakan anda membatasi asupan alkohol. Mengonsumsi terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan kadar tekanan darah dan trigliserida anda, sejenis lemak yang ditemukan di dalam darah. Alkohol juga menambahkan kalori ekstra, yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Pria seharusnya tidak
minum lebih dari dua botol minuman yang mengandung alkohol sehari. Wanita seharusnya tidak minum lebih dari satu gelas alkohol setiap hari. Satu minuman rinciannya:

  •     12 ons bir
  •     5 ons anggur
  •     1 ½ ons minuman keras

2. Mempertahankan berat badan yang sehat
Mempertahankan berat badan yang sehat
sangatlah penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Berat badan yang ideal bisa anda lakukan dengan mengikuti rencana makan sehat dan menjaga agar tetap aktif secara fisik.
Pertahankan berat badan anda dengan makanan sehat.
Mengetahui indeks massa tubuh Anda (BMI)
dapat membantu anda mengetahui apakah berat badan anda terkait dengan tinggi badan anda dan memberi perkiraan jumlah lemak tubuh anda. Untuk mengetahui BMI anda, lihat kalkulator BMI National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) atau bicarakan dengan dokter anda.  BMI:

    Di bawah 18,5 adalah tanda bahwa
anda kekurangan berat badan.
    Antara 18,5 dan 24,9 berada dalam kisaran normal.
    Antara 25 dan 29,9 dianggap kelebihan berat badan.
    Dari 30 atau lebih yang dianggap obesitas.

Tujuan umum yang ingin dicapai adalah BMI kurang dari 25. Dokter atau penyedia layanan kesehatan
anda dapat membantu Anda menetapkan sasaran BMI yang tepat. Konsultasilah dengan mereka untuk lebih baiknya.

Dengan mengukur lingkar pinggang anda dapat membantu menyaring kemungkinan risiko kesehatan. Jika sebagian besar lemak anda ada di sekitar pinggang dan bukan pada pinggul anda, maka hati- hati, anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Resiko ini mungkin tinggi dengan ukuran pinggang yang lebih besar dari 35 inci untuk wanita atau lebih dari 40 inci untuk pria.

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, usahakan
untuk menurunkan berat badan dengan melakukan diet sehat. Kehilangan 3- 5% dari berat badan anda dapat menurunkan trigliserida, glukosa darah, dan risiko diabetes tipe 2. Jumlah penurunan berat badan yang lebih besar dapat memperbaiki tekanan darah, menurunkan kolesterol LDL, dan meningkatkan kolesterol HDL.

3. Mengelola stres
Penelitian menunjukkan bahwa
penyebab serangan jantung yang paling sering dilaporkan adalah peristiwa yang secara emosional mengesalkan - terutama yang melibatkan kemarahan. Juga, beberapa cara orang mengatasi stres - seperti minum, merokok, atau makan berlebihan - tidak sehat.

Belajar
lah bagaimana cara mengelola dan mengendalikan stres anda, cara rileks, dan mengatasi masalah dapat memperbaiki kesehatan emosional dan fisik anda. Lakukan aktivitas yang dapat mengurangi stres, seperti:

  •     Program manajemen stres
  •     Meditasi
  •     Aktivitas fisik
  •     Terapi relaksasi
  •     Bicarakan hal-hal dengan teman atau keluarga

4. Aktivitas fisik
Aktivitas fisik
yang sehat dan baik sebaiknya anda lakukan secara rutin. Hal ini dapat menurunkan banyak faktor risiko penyakit jantung koroner, termasuk kolesterol LDL (buruk), tekanan darah tinggi, dan kelebihan berat badan. Aktivitas fisik juga bisa menurunkan risiko diabetes dan meningkatkan kadar kolesterol HDL anda. HDL adalah kolesterol baik yang membantu mencegah penyakit jantung koroner.

Baca juga: Inilah Manfaat dari Berbagai Jenis Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung Koroner

Sebaiknya anda berpartisipasi dalam latihan aerobik yang intensitasnya sedang”, setidaknya 2 jam dan 30 menit per minggu, atau latihan aerobik yang kuat selama 1 jam dan 15 menit per minggu. Latihan aerobik, seperti jalan cepat, merupakan latihan dimana jantung anda berdetak lebih cepat dan anda menghirup lebih banyak oksigen dari biasanya. Semakin aktif anda, semakin baik hasilnya. Di samping itu, anda juga bisa menanyakan hal ini kepada dokter anda.

5. Berhentilah merokok
Jika
anda perokok dan penderita penyakit jantung, berhentilah merokok dari sekarang. Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung serta memperburuk faktor risiko penyakit jantung koroner lainnya. Bicarakan hal ini dengan dokter anda tentang program dan produk yang dapat membantu anda berhenti merokok. Selain itu, usahakan untuk menghindari asap rokok (perokok pasif).

Jika anda mengalami kesulitan untuk berhenti merokok sendiri, bergabunglah dengan kelompok pendukung. Banyak rumah sakit, tempat kerja, dan kelompok masyarakat menawarkan kelas untuk membantu orang berhenti merokok.


6. Obat-obatan
Terkadang perubahan gaya hidup tidak cukup untuk mengendalikan kadar kolesterol darah
anda. Misalnya, anda mungkin memerlukan obat statin untuk mengendalikan atau menurunkan kolesterol anda. Dengan menurunkan kadar kolesterol anda, anda dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung atau stroke. Dokter biasanya memberi resep statin untuk orang-orang yang memiliki:

    Penyakit jantung koroner, penyakit arteri perifer, atau stroke
    Diabetes
    Kadar kolesterol LDL tinggi

Dokter dapat mendiskusikan pengobatan statin awal dengan anda yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung atau mengalami stroke.
Dokter anda mungkin juga meresepkan obat lain untuk:

    a. Menurunkan kemungkinan anda terkena serangan jantung atau sekarat tiba-tiba
    b. Murunkan tekanan darah anda
    c. Mencegah penggumpalan darah, yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke
    d. Mencegah atau menunda intervensi koroner perkutan atau operasi, seperti cangkok bypass arteri koroner
    e. Mengurangi beban kerja jantung anda dan menghilangkan gejala penyakit jantung koroner

Konsumsi semua obat secara teratur  sesuai resep dokter. Jangan mengubah atau melewatkan dosis kecuali jika dokter memberi tahu anda. Anda tetap harus mengikuti gaya hidup sehat jantung, bahkan jika anda mengkonsumsi obat-obatan untuk mengobati penyakit jantung koroner anda.

B. Prosedur medis dan bedah
Jika keadaanya sudah tidak memungkinkan, anda harus melakukan operasi untuk mengobati penyakit jantung koroner. Baik PCI dan CABG digunakan untuk mengobati arteri koroner yang tersumbat. Anda bisa mendiskusikan perawatan mana yang tepat untuk anda dengan dokter.

1. Intervensi koroner perkutan
Intervensi koroner perkutan, yang biasa dikenal dengan angioplasty, adalah prosedur nonsurgical yang membuka arteri koroner yang tersumbat atau menyempit. Tabung tipis dan fleksibel dengan balon atau perangkat lain pada akhirnya diulirkan melalui pembuluh darah ke arteri koroner yang menyempit atau tersumbat.
Saat di tempat, balon itu menggelembung untuk memampatkan plak menempel di dinding arteri. Hal ini akan mengembalikan aliran darah melalui arteri.

Selama prosedur, dokter mungkin memasang tabung jala kecil yang disebut stent di arteri. Stent membantu mencegah penyumbatan di arteri pada
waktu tertentu  setelah angioplasty.

2. Arteri aypass arteri koroner
CABG adalah jenis operasi di mana arteri atau vena dari daerah lain di tubuh
anda digunakan untuk memotong arteri koroner yang menyempit. CABG dapat memperbaiki aliran darah ke jantung, menghilangkan nyeri dada, dan mungkin mencegah serangan jantung.

3. Rehabilitasi jantung
Dokter
juga mungkin akan menyuruh anda melakukan rehabilitasi jantung (rehab) untuk angina atau setelah CABG, angioplasti, atau serangan jantung. Hampir semua orang yang menderita penyakit jantung koroner bisa mendapatkan manfaat dari rehab jantung. Rehab jantung adalah program yang diawasi secara medis yang dapat membantu memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan orang-orang yang memiliki masalah jantung.

Tim rehab jantung termasuk dokter, perawat, spesialis olahraga, terapis fisik dan pekerjaan, ahli diet atau ahli gizi, dan psikolog atau spesialis kesehatan mental lainnya.

Rehab memiliki dua bagian:

a. Pendidikan, konseling, dan pelatihan
Bagian ini membantu anda memahami kondisi jantung dan menemukan cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung di masa depan. Tim rehab akan membantu anda belajar mengatasi stres menyesuaikan diri dengan gaya hidup baru dan bagaimana mengatasi ketakutan tentang masa depan.

b. Latihan dan latihan
Bagian ini membantu anda belajar berolahraga dengan aman, menguatkan otot, dan meningkatkan stamina tubuh. Rencana latihan anda akan didasarkan pada kemampuan, kebutuhan, dan minat pribadi anda.

C. Bagaimana cara mencegah penyakit jantung koroner?
Anda dapat mencegah dan mengendalikan penyakit jantung koroner (PJK) dengan
menggalakkan perubahan gaya hidup sehat dan obat-obatan. Selain itu, bisa juga dengan mengendalikan faktor risiko penyakit seperti kolesterol darah tinggi, tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan dan obesitas. Hanya beberapa faktor risiko - seperti usia, jenis kelamin, dan riwayat keluarga - tidak dapat anda kendalikan.

Risiko
PJK akan meningkat seiring dengan jumlah faktor risiko yang anda miliki. Untuk mengurangi risiko PJK dan serangan jantung, cobalah untuk mengendalikan setiap faktor risiko yang Anda miliki dengan menerapkan gaya hidup sehat berikut ini:

     Konsumsi makanan yang membuat  jantung sehat
     Mempertahankan berat badan yang sehat
     Mengelola stres
     Aktivitas fisik
     Berhenti merokok
    Kenali riwayat kesehatan keluarga anda yang terkait dengan PJK. Jika ada seseorang dari keluarga anda yang menderita PJK, segeralah untuk memberi tahu dokter. Jika perubahan gaya hidup tidak cukup, anda mungkin juga memerlukan obat untuk mengendalikan faktor risiko PJK anda.

    D. Bagaiamana anda dapat hidup dengan penyakit jantung koroner?
    Penyakit jantung koroner (PJK) dapat menyebabkan komplikasi serius. Namun, jika anda mengikuti saran dokter dan menerapkan kebiasaan gaya hidup sehat, maka anda dapat mencegah atau mengurangi risiko:

    •     Sekarat tiba-tiba dari masalah jantung
    •     Memiliki serangan jantung dan merusak otot jantung anda
    •     Merusak jantung anda karena berkurangnya suplai oksigen
    •     Memiliki aritmia (detak jantung tidak teratur)
    Periksalah ke dokter
    Perubahan gaya hidup dan obat-obatan dapat membantu mengendalikan PJK. Perubahan gaya hidup termasuk mengikuti diet sehat, aktif secara fisik, menjaga berat badan yang sehat, berhenti merokok, dan mengatur stres.

    Anda juga bisa bekerja sama dengan dokter untuk mengendalikan tekanan darah dan mengatur kadar kolesterol darah dan gula darah anda.

    Tes darah yang disebut panel lipoprotein akan mengukur kadar kolesterol dan trigliserida
    anda. Tes glukosa darah memperlihatkan tingkat gula darah anda dan menunjukkan apakah anda berisiko atau menderita diabetes.

    Tes ini menunjukkan apakah faktor risiko
    terkena penyakit terkendali, atau apakah dokter perlu menyesuaikan perawatan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

    Bicarakan dengan dokter tentang seberapa sering
    anda harus menjadwalkan kunjungan kantor atau tes darah. Antara kunjungan tersebut, hubungi dokter jika anda memiliki gejala baru atau jika gejala anda memburuk.


    E. Langkah menyembuhkan penyakit jantung koroner secara alami, ingat, alami!!!
    Anda dapat mengonsumsi sebanyak mungkin makanan yang mengandung alkalin sehari-hari. Ini terkandung pada semua sayuran (kurang dimasak, lebih baik), buah gula rendah (buah beri dan apel hijau), kebanyakan kacang dan biji-bijian (almond, kenari, biji rami dan biji Chia), dan lemak sehat.

    Mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan polifenol - Teh hijau, buah beri, melon, kiwi, sayuran berwarna cerah dan sayuran berdaun hijau gelap adalah sumber yang kaya antioksidan. Antioksidan dan polifenol melawan radikal bebas yang menyebabkan peradangan dan kerusakan sel
    anda.

    Mengkonsumsi
    makanan berserat - Serat bisa dicerna. Jadinya, serat tersebut membersihkan arteri dan menghilangkan plak yang mirip dengan serat non-larut yang membersihkan usus besar anda. Sumber serat larut adalah alpukat. Sebuah alpukat memiliki 3 gram serat larut. Anda bisa mengirisnya di atas salad, membuat guacamole dan jus, atau menambahkannya ke smoothie hijau. Sumber lain yang mengandung serat larut seperti : Kacang hitam, kacang merah dan kacang navy (2 gram / sajian), oatmeal yang tidak diproses (1,4 gram / saji), dedak gandum (2,2 gram / saji), kubis Brussel (2 gram / sajian) Lobak, ubi jalar dan asparagus (1,7+ gram / porsi), dan biji rami (1,1 gram / saji).

    Mengkonsumsi
    lemak sehat - Lemak tidak sehat mudah teroksidasi dan menyebabkan peradangan. Lemak tidak sehat meliputi lemak trans, minyak canola, minyak sayur, minyak kedelai, minyak bunga matahari dan minyak safflower. Jika anda memiliki semua ini, buang semuanya sekarang juga! Sebaliknya, mengonsumsi lemak sehat setiap hari menyembuhkan selaput selaput yang rusak dan menyeimbangkan peradangan. Lemak sehat termasuk minyak kelapa, minyak zaitun, alpukat utuh, biji rami, biji chia, dan minyak ikan atau minyak krill. Kacang-kacangan (kenari dan almond terutama) mengandung lemak sehat, serta serat dan vitamin E - semua diperlukan untuk penyembuhan.

    Suplemen dengan minyak ikan atau minyak Krill. Minyak ikan dan minyak krill terkonsentrasi pada sumber lemak sehat dan penyembuhan.
    Keduanya akan sangat membantu secara aktif menangani peradangan, plak arteri dan penyakit jantung.

    Kami harap setelah membaca panduan di atas, anda bisa hidup lebih sehat lagi. Dan terima kasih kepada referensi untuk saya menulis artikel. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama kepada penulisnya. Aminn..
    Demikian, terima kasih dan salam sehat dan sukses selalu!!

    1 komentar so far

    Walah gan saya pecandu rokok ini ,,,

    Tapi thanks lah infonya jadi lebih tahu dan bermanfaat infonya


    EmoticonEmoticon