14 Bahaya dan Resiko Penyakit Jantung Bengkak dan Pengobatannya

Dalam istilah medis, penyakit jantung bengkak juga biasa disebut sebagai Kardiomegali (Cardiomegaly) yakni pembengkakan jantung sehingga ukurannya membesar melebihi  ukuran jantung normal.

Kenapa jantung bisa bengkak? Hal itu karena respon terhadap kerusakan pada otot jantung. Nah, dalam hal ini adadua jenis masalah yakni yang pertama , jantung bengkak adalah akibat melonggarnya otot jantung sehingga volume bilik jantung menjadi lebih besar disebut juga dengan kardiomegali dilatasi. Kedua  yakni akibat dari penebalan pada otot jantung atau disebut sebagai hipertrofi.
Penyakit jantung bengkak memiliki resiko.

Menjadi penderita jantung bengkak sangatlah tidak menyenangkan, yah namanya sakit tidak ada yang menyenangkan kan.? Olehnya itu, jagalah diri anda dari penyakit ini sejak dini.
Caranya? Yakni dengan mengubah pola hidup yang tidak sehat menjadi lebih sehat. Itu yang paling mendasar. Selama anda masih melakukan aktifitas yang membahayakan jantung anda, anda sebaiknya berhati- hati.


Baiklah, saya tidak ingin panjang menjelaskan apa itu penyakit dan sebagainya. Kita langsung saj ke intinya di mana artikel kali ini membahas tentang bahaya dan resiko penyakit jantung dan cara mengobatinya.

A. Bahaya dan resiko penyakit jantung bengkak

1.  Kardiomiopati 
Kardiomiopati adalah melemahnya otot jantung. Ketika otot jantung melemah dan pada saat yang bersamaan terjadi penebalan pada dinding jantung, maka hal tersebut akan menyebabkan pembengkakan pada jantung anda. Pada akhirnya, jantung akan berusaha keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

2. Amiloidosis 
Amiloidosis
Amiloidosis adalah salah satu penyakit langka yang menyerang jantung. Pembengkakan pada jantung disebabkan oleh protein abnormal yang ada dalam darah kemudian disimpan dalam jantung,

3.  Hipertensi pulmonal
Urutan ketiga yang termasuk dalam resiko pembengkakan jantung ialah hipertensi pulmonal alias tekanan darah tinggi pada arteri yang menghubungkan antara jantung dan paru-paru. Jantung harus dapat memopa dengan keras  jika sampai terjadi hipertensi pulmonal. Kondisi seperti itu akan mengakibatkan pembengkakan jantung pada sebelah kanan.


4. Darah tinggi
Jika anda mempunyai penyakit darah tinggi, maka jantung anda berusaha keras untuk memompa darah ke seleluruh tubuh. Bahayanya, Jika kondisi seperti ini terus anda biarkan, kemungkinan besar akan terjadi pembengkakan pada otot jantung,
Selain itu, penyakit ini juga dapat menyebabkan membesarnya ventrikel kiri yang  kemudian otot jantung mulai melemah.

5.  Kurang darah
Jika anda mengalami kurang darah alias anemia maka waspadalah, karena hal ini termasuk salah satu resiko penyakit jantung bengkak.

6.  Katup jantung yang rusak
Jantung sendiri terdiri dari 4 macam katup yang  berfungsi untuk menjaga aliran darah agar tidak bercampur satu sama lainnya sehingga darah dapat mengalir dengan lancar dan benar. Masalahmya, jikalau  salah satu katup jantung anda mengalami kerusakan, tentunya proses aliran darah akan terganggu. Kerusakan ini bisa terjadi karena beberapa sebab,  seperti demam rematik, kelainan pada jantung, infeksi, mengkonsumi obat-obatan, gangguan pada jaringan ikat, atau penyebab lainnya. Jika katup yang rusak tersebut terus dibarkan,  maka jantung anda berpotensi mengalami pembengkakan.

Baca juga: Subhanallah!! Inilah Manfaat dari Sujud Terhadap Kesehatan Jantung dan Otak 

7. Gangguan pada tiroid
Gangguan pada tiroid merupakan salah satu resiko jantung bengkak.

Ada saat tiroid terlalu aktif atau istilahnya hipertiroidisme dan ada waktuya tiroid kurang aktif atau istilahnya hipotiroidisme. Nah, kondisi yang terlalu aktif dan kurang aktif dari tiroid ini dapat menyebabkan pembengkakan pada jantung.

8. Susah untuk bernapas
Jika terdapat masalah pada jantung anda seperti terjadi pembengkakan, maka akan terjadi gangguan/ hambatan dalam pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida. Untuk itulah penderita yang mengalami masalah jantung yang bengkak juga mengalami kesusahan saat bernapas.

9. Menyebabkan rasa sakit di beberapa organ tubuh lainnya
Penyakit kelainan jantung bengkak akan menimbulkan efek yang panjang dan banyak. Karena ini berhubungan dengan darah, yang mana darah ini memasok ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh manusia. Boleh jadi darah yang di gunakan tadi untuk memasok ke beberapa organ tubuh yang langsung bersinggungan dengan kontak dunia luar. Misalnya adalah organ bahu, siku, punggung, leher, dan lain sebagainya. maka pada bagian bagian ini akan terasa sakit dan nyeri luar biasa.

10. Timbul rasa sakit usai melakukan aktivitas
Pekerjaan berat atau ringan, bagaimanapun bentuknya, jantung anda biasanya terasa sakit saat usai melakukan pekerjaan. Kenapa? Karena jantung adalah organ dalam yang paling terasa kinerjanya dan saat setelah dari suatu peristiwa, ia akan berdetak lebih kencang. Saat jantung bermasalah, saat itulah akan timbul rasa sakit.

11. Bagian dada terasa panas
Jantung letaknya berada pada bagian dada sebelah kiri.  Otot yang mengalami pembengkakan juga biasanya terletak di sekitar jantung. Maka saat jantung anda bengkak, akan timbul rasa sakit dan panas pada bagian dada

12. Terjadi pembengkakan
Tentu saja lah, yang namanya jantung bengkak yah terjadi pembengkakan.

13. Nafsu makan menurun
Nafsu makan juga akan berpengaruh jikalau anda mengalami penyakit jantung bengkak. Ini disebabkan karena penderita mengalami rasa mual sehingga makanan yang masuk ke dalam perutnya akan terasa seperti ingin di muntahkan kembali.

14. Batuk yang terus menerus
Masalah jantung berkaitan dengan masalah pernapasan. Jika jantung anda bermasalah, maka pernapasan anda juga akan ikut bermasalah seperti terjadinya batuk. Batuk yang satu ini susah untuk sembuh sebab setiap kali sembuh, akan kembali sakit lagi hingga masalah jantung bengkak anda sembuh terlebih dahulu.

B. Mengobati resiko penyakit jantung bengkak

Setelah anda mengetahui beberapa resiko penyakit jantung bengkak, saatnya untuk mengetahui cara mengobati/ mengatasinya. Dengan merubah pola hidup anda seperti makan makanan sehat jantung,
Di samping itu, anda sebaiknya membatasi jumlah garam dalam makanan anda. Mengendalikan diabetes jika ada, memeriksa tekanan darah , hindari alkohol dan kafein. Serta Istirahat cukup dengan tidur delapan jam setiap malam.

Anda juga harus mengikuti resep dan saran dokter dalam mengkonsumsi obat yang biasanya seperti diuretic, obat jantung bengkak yang berfungsi menurunkan jumlah natrium dan air dalam tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi beban jantung. Ada juga yang namanya Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor. Yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kemampuan jantung memompa . 

Nah, kali ini kami ada artikel khusus tentang cara mengobati resiko, bahaya penyakit jantung bengkak. Yah untuk itu, anda bisa membacanya di sini.

Demikian artikel kami kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat anda yah pemirsa. Terima kasih dan salam sukses.


EmoticonEmoticon