Info dan Beberapa Tips Pertolongan Pertama Mengatasi Penyakit Jantung

Pertolongan pertama mengatasi penyakit jantung - Penyakit jantung dalam medis adalah kondisi dimana pembuluh darah utama di tubuh anda yang seharusnya menyuplai darah menuju ke jantung mengalami masalah atau kerusakan. Hal ini terjadi karena adanya tumpukan kolesterol pada pembuluh darah dan juga proses peradangan.

Tips pertolongan pertama - Saat terjadi penumpukan kolesterol, pembuluh darah koroner akan menyempit sehingga aliran darah dan suplai oksigen ke jantung akan terhambat. Karena kurangnya aliran darah menuju ke jantung dan kurangnya suplai oksigen akan menimbulkan rasa nyeri pada dada sesak napas. Hingga pada suatu saat terjadi penyumbatan atau hambatan total pada aliran darah akan mengakibatkan serangan jantung dan kematian. 


A. Penyebab penyakit jantung

Penyakit jantung disebabkan darah yang seharusnya menuju ke jantung melalui pembuluh darah terhambat oleh lemak lemak. Penimbunan oleh lemak pada pembuluh darah ini dikenal dengan sebutan aterosklerosis.

Saat anda melihat orang terkena serangan jantung, lakukan pertolongan pertama!!
Selain bisa menghambat suplai darah menuju ke jantung, aterosklerosis juga bisa mengakibatkan terbentuknya penggumpalan darah pada tubuh. Jika hal ini sampai terjadi, aliran darah yang seharusnya menuju ke jantung terhambat. Faktor pemicu aterosklerosis diantaranya adalah:

Kebiasaan merokok
Merokok mengakibatkan kanker, serangan jantung, gangguan kehamilan dan juga Impoten. Itulah yang tertera pada bungkus rokok. Olehnya itu, bagi anda yang merokok, sabaiknya anda ber siap siap untuk terkena segala macam penyakit bahkan serangan jantung.

Pola hidup yang tidak sehat
Pola hidup yang tidak sehat juga bisa mengakibatkan serangan jantung. Untuk itu mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat dari sekarang. Menerapkan pola hidup sehat bisa anda lakukan dengan mengurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, dan juga berolahraga secara teratur. Dengan menjaga pola hidup yang sehat bisa membuat anda terhindar dari penyakit jantung. 

Kadar gula dalam darah yang berlebihan
Selain itu penyebab lainnya yang bisa membuat anda terkena serangan jantung adalah karena gula dalam darah anda yang tinggi. Olehnya itu, sebaiknya anda mengontrol kadar gula darah anda, hindari makanan dan minuman yang manis-manis. Anda juga bisa mengonsumsi gula sehat seperti yang ada di iklan TV.

Menjaga berat badan
Berat badan yang berlebihan juga bisa mengakibatkan anda terkena serangan jantung. Hal ini dikarenakan adanya penimbunan lemak pada pembuluh darah yang dikenal dengan nama aterosklerosis.

Jangan mengkonsumsi minuman keras
Minuman keras tidak memiliki manfaat bagi tubuh anda. Bagi anda yang suka mengkonsumsi minuman keras, sebaiknya anda bersiap karena serangan jantung bisa saja menghampiri anda kapan dan dimana saja. Apalagi jika anda minum minuman keras disertai dengan merokok, tentu saja hal itu akan mempercepat serangan jantung menghampiri anda.

Bahaya penyakit jantung
Penyakit jantung termasuk menjadi salah satu penyebab kematian paling tinggi di dunia. Federasi Jantung Dunia bahkan pada tahun 2004 juga merilis angka kematian karena penyakit jantung koroner di Asia Tenggara sampai 1,8 juta. Sedangkan di Indonesia sendiri di tahun 2013 ada setidaknya kurng lebih 883 ribu orang yang mengalami penyakit jantung koroner dengan mayoritas penderita dengan usia 55-64 tahun. Angka kematian karena penyakit jantung pun cukup tinggi, yaitu seandar 45 persen dari seluruh angka kematian yang terjadi di Indonesia.

Penyakit jantung hingga saat ini masih menduduki peringkat pertama sebagai penyebab kematian nomor 1 di dunia. Jika tadi Federasi Jantung Dunia sudah merilis angka kematian karena penyakit jantung di Asia Tenggara, kini survey yang dilakukan WHO pada tahun 2004 mengasilkan angka bahwa sebanyak 17,1 juta orang meninggal karena penyakit jantung dan juga masalah pembuluh darah.Banyak orang berpikir akan sulit untuk selamat dari serangan jantung karena penanganan detik demi detik begitu berharga.

Serangan jantung merupakan kondisi yang memerlukan penanganan yang cepat juga termasuk salah satu kegawatdaruratan dalam dunia medis. Semakin cepat tindakan atau penanganan yang diberikan maka akan semakin besar kemungkinan penderita dapat diselamatkan.

B. Gejala penyakit serangan jantung

Seseorang mungkin tidak akan merasakan gejala khusus dan secara tiba-tiba penderita akan terkena serangan jantung. Kondisi ini terjadi berhubungan dengan tekanan mental, gaya hidup yang tidak sehat atau karena penyakit jantung bawaan. 

Sebuah serangan jantung yang terjadi secara mendadak dapat terjadi saat terdapat aliran darah menuju bagian jantung secara langsung tiba-tiba harus terhenti. Hal ini dapat membuat jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang normal. Selain itu juga berarti bahwa jantung tidak menerima pasokan darah juga oksigen yang cukup sehingga membuat jantung gagal berfungsi seperti normalnya. Jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan pertolongan pertama maka bisa menyebabkan efek fatal bahkan juga kematian.

Sebelum anda mengambil tindakan-tindakan pertolongan pertama, yang paling penting ialah anda harus mengenali gejala dan pastikan apakah keluhan yang dialami oleh seseorang tersebut merupakan gejala serangan jantung. Jika anda menjumpai orang  yang mungkin mengalami masalah serangan jantung, maka Anda dapat mengenali dari beberapa gejala yang dialami oleh orang yang terkena serangan jantung. Gejala awal yang terjadi pada orang yang terkena serangan jantung dapat sangat bervariasi. Berikut ini merupakan beberapa gejala yang sering terjadi :

1. Penderita akan merasakan tekanan yang sangat berat di bagian dada, rasa nya seperti dada yang diremas kuat atau ditekan oleh kedu tangan sehingga akan terasa sangat penuh sesak.

2.  Penderita akan sulit untuk bernafas hal ini karena oksigen yang seharusnya mengalir ke dalam tubuh juga berkurang kemudian juga karena tekanan yang terlalu berat di dada.

3. Rasa sakit akan berkemband mulai dari bagian tengah dada, kemudian akan menyebar ke bagian punggung, perut, lengan, rahang hingga sampai ke bagian bahu. Rasa sakit ini biasanya berlangsung selama beberapa menit saja sebelum serangan jantung benar-benar terjadi.

4. Tubuh penderit akan mengeluarkan keringat dingin sampai mungkin pakaian yang digunakan oleh penderita akan terlihat basah bahkan seperti habis mandi.

5. Penderita merasa Kepala menjadi pusing dan mulai menyebabkan penderita selalu ingin memejamkan mata karena rasa pusing yang ditimbulkan sangat berat.

6. Jika yang mengalami gejala ini adalah wanita, biasannya penderita akan mengalami rasa mual dan ingin muntah.

7. Penderita akan mulai kehilangan rasa atau mati rasa dari bagian lengan kiri atau lengan bagian kanan. Mati rasa ini digambarkan seperti sering mengalami kesemutan yang tidak nyaman dan hingga pada akhirnya mulai kehilangan rasa.

8. Tubuh penderita akan menjadi sangat lemah dan dapat menyebabkan penderita terkena serangan jantung jatuh.

C. Pertolongan pertama untuk mengatasi penderita penyakit jantung

Pertolongan pertama mengatasi penyakit jantung

Apabila anda tiba-tiba bertemu dengan orang yang terkena serangan jantung, jangan takut, sebaiknya anda tetap tenang dan jangan gerogi!! Anda sendiri bisa memberikan pertolongan pertama. Pertolongan pertama kepada penderita serangan jantung ini sifatnya hanya darurat saja  namun dapat meningkatkan harapan hidup penderita jantung. Nah, berikut beberapa cara/ hal yang bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama saat anda bertemu dengan penderita serangan jantung:

1. Menenangkan penderita serangan jantung

Jika anda menemukan orang yang terkena serangan jantung dan ia sedang dalam keadaan berdiri, maka segeralah mencarikan tempat duduk. Anda dapat memindahkan kursi terdekat ke penderita supaya dia bisa langsung duduk, atau jika tidak terdapat kursi, anda dapat mengambil barang lainnya yang penting bisa digunakan untuk duduk.

Selain itu, anda harus mencoba untuk menenangkan penderita serangan jantung agar dia tidak terlalu panik, buat dia rileks dan santai, anda bisa menginstruksikannya untuk menarik nafas perlahan dan keluarkan. Jika dia semakin panik, hal itu hanya akan memperburuk kondisinya. Terkadang orang yang ingin menolong seseorang yang terkena serangan jantung akan panik, padahal seharusnya anda sebagai orang yang pertama kali menolong juga harus tetap tenang dan selalu berfikiran positif. Kepanikan anda dan juga kepanikan penderita malah akan membuat keadaan semakin buruk. 

Sembari menunggu pertolongan yang anda minta datang maka anda harus memastikan kelancaran jalur suplai oksigen di tubuh korban. Biasannya penderita akan berada pada kondisi yang tidak sadar, sehingga kebanyakan leher cenderung tertekuk dan lidah akan melemas sehingga lidah akan 'jatuh' menyumbat saluran pernapasan. Agar jalan dari nafas penderita bisa normal dan napas tidak terhambat, korban harus berada pada posisi tidur dan posisi telentang.

2. Panggil bantuan


 Hubungi nomor telepon darurat yaitu 118 atau 119 untuk respons cepat ambulans

3. Senantiasa cek kesadaran penderita

Sementara menunggu ambulance datang, anda harus senantiasa memeriksa penderita masih dalam keadaan sadar dengan mengajaknya berbicara. Apabila pasien tiba-tiba jatuh dalam keadaan tidak sadar maka Anda sebaiknya siap melakukan resusitasi jantung paru. Namun, sebelum melakukan resusitasi, anda sebaiknya pernah mengikuti pelatihan pertolongan pertama pada keadaan darurat. Mengingat hal ini, anda dapat juga menelpon nomor darurat 118 sekali lagi untuk kemudian mendapatkan pengarahan mengenai langkah-langkah resusitasi yang dapat dilakukan.

4. Longgarkan pakaian penderita

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk menolong dan membantu adalah dengan melonggarkan pakaian penderita. Anda harus membantu penderita untuk bisa bernafas dengan baik dan tenang.  Dengan melonggarkan pakaian penderita, penderita setidaknya bisa bernafas dengan lebih baik.
Lepaskan kancing baju yang digunakan oleh penderita, jangan lupa untuk melepaskan ikat pinggang agar penderita bisa merasa lebih nyaman. Pada saat seperti ini, anda harus mencoba untuk membantu mengatur nafas penderita misalnya dengan memberikan aba-aba kepada penderita untuk menarik dan juga menghembuskan nafas. Perhatikan apabila kondisi penderita serangan jantung menunjukan tanda-tanda melemah atau menunjukkan tanda kehilangan kesadaran.

5. Menanyakan obat yang dibawa penderita

Jika orang yang anda temui tersebut memang sudah mengetahui bahwa dia menderita penyakit jantung, maka biasanya orang tersebut akan membawa obat untuk mengatasi serangan jantung tiba-tiba. Oleh karena itu, anda bisa menanyakan kepada penderita apakah ia membawa obat tersebut atau tidak. Jika memang dia membawa obat, maka anda harus segera cari dan juga mencariakn air kemudian di berikan untuk diminum obat tersebut. Jika orang yang anda temui tersebut tidak membawa atau tidak memiliki obat, maka sebaiknya anda segera menghubungi tim medis darurat atau dengan menghubungi keluarga penderita serangan jantung.

6. Lakukan CPR saat penderita kehilangan kesadaran

Jika penderita serangan jantung sudah mulai kehilangan kesadaran, anda dapat melakukan bantuan CPR. Cara ini memang masih belum banyak diketahui secara umum masyarakat Indonesia. Namun anda dapat berusaha untuk memberikan nafas bantuan dengan beberapa hitungan juga dengan diselingi penekanan di bagian dada. Nah, sebelum itu, anda harus segera meminta bantuan medis dan menjelaskan tentang kondisi yang dialami oleh penderita sudah dalam tahap gawat agar tim medis segera menjemput penderita. Setelah itu, barulah anda berikan nafas bantuan untuk membantu penderita agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

7. Bawa penderita ke rumah sakit terdekat

Ini adalah cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyakit jantung. Jika memang keadaan mendesak dan di sekitar anda terdapat rumah sakit, sebaiknya anda langsung membawa penderita penyakit jantung ke pergi ke rumah sakit terdekat. Jika pertolongan tidak kunjung datang, langsung saja bawa ke rumah sakit terdekat, anda bisa membawanya dengan mobil dan saat di dalam mobil jangan lupa untuk memberikan nafas bantuan jika memang penderita sudah kehilangan kesadaran. Jangan panik dan tetap tenang agar keadaan bisa aman dan terkendali. 

8. Pertolongan pertama harus sesuai kondisi

Inti dan kesimpulannya, jika anda tiba- tiba melihat orang terkena penyakit jantung, lakukan pertolongan pertama dengan menyesuaikan kondisi sekitar anda. Bilamana rumah sakit sangat jauh dari tempat, yah anda bisa melakukan beberapa opsi seperti menanyakan obat, menelpon rumah sakit pertanda emergency dan sebagainya. 

Sebaliknya, bila rumah sakit dekat dari tempat, anda sebaiknya segera membawanya ke rumah sakit dengan melakukan beberapa hal pada saaat perjalanan.

D. Akibat serangan jantung

Kondisi serangan jantung akan mengakibatkan jantung menjadi kehilangan fungsi. Serangan jantung yang telah terjadi biasanya akan membuat kerusakan permanen pada bagian otot penderita. Walaupun serangan jantung telah mendapatkan perawatan, tetapi kondisi jantung akan sulit untuk kembali normal seperti sediakala saat masih sehat. Oleh karena itu, orang yang pernah menderita serangan jantung harus selalu minum obat sesuai dengan saran dokter dan membawa obat tersebut kemanapun dia pergi untuk mengatasi serangan jantung tiba- tiba.

Penyakit jantung ini memang sangat mengerikan. Salah satu cara yang bisa anda lakukan sendiri untuk diri anda dalam mencegah agar tidak terkena penyakit jantung ialah dengan menjaga kesehatan jantung anda. Apalagi jika anda sudah menderita penyakit jantung untuk itu harus mengelola gaya hidup  yang sehat. Dan semua orang harus bisa mengetahui setidaknya beberapa cara di atas untuk memberikan pertolongan pertama pada serangan jantung.

Bagi anda yang tidak ingin terkena penyakit jantung, sebaiknya anda harus merubah pola hidup anda mulai saat ini. Bagi anda yang tidak suka berolahraga mulai sekarang anda sudah harus menyukai olahraga paling tidak seminggu dua sampai tiga kali. 

Bagi anda yang merokok, anda harus sadar bahwa merokok itu tidak ada manfaatnya. Merokok merugikan diri anda sendiri dan juga orang lain sekitar anda, baik dari segi materi dan juga jasmani/ kesehatan. Merokok bisa membuat orang lain jatuh sakit dan juga bisa jatuh miskin. Bayangkan jika satu bungkus rokok seharga 15 ribu dan sehari anda habis satu bungkus maka bisa anda hitung dalam 10 hari anda sudah mengeluarkan uang sebanyak 150 ribu untuk membakar uang, itu baru untuk membeli rokok, belum untuk biaya pengobatan yang harus anda tanggung di kemudian hari. 

Sadarlah bahwa sehat itu mahal harganya. Membuat tubuh anda menjadi sehat itu memang susah sedang ntuk menjadi sakit itu amatlah mudah. Jika anda ingin sakit, cukup hujan-hujanan saja anda sudah bisa sakit, namun untuk membuat tubuh anda sehat itu sangat susah. Anda harus melawan rasa malas untuk berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat setiap hari serta menghindari makanan cepat saji atau junk food yang mungkin anda suka.

Intinya di sini adalah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Lihatlah beetapa dulitnya untuk mengobati suatu penyakit. Mulai dari sekarang jagalah kesehatan anda. Jadikan  olahraga sebagai hobi anda. Jadikan  makanan sehat bergizi sebagai menu favorit anda. Anda akan merasakan manfaatnya kelak. Semua membutuhkan proses. Tentu saja. 

Semoga bermanfaat dan kami harap anda segera action. Terima kasih dan salam sukses.


EmoticonEmoticon