Ciri- Ciri Gejala Awal Penyakit Jantung Koroner yang Harus Anda Ketahui

Gejala awal penyakit jantung koroner - Masih banyak yang dibuat bingun oleh tanda- tanda penyakit jantung koroner. Pria dan wanita sebaiknya berhati- hati terkhusus yang telah sudah lanjut usia, sebaiknya ekstra hati- hati. Meski sebenarnya penyakit jantung koroner ini bisa menyerang siapa saja baik anak - anak, remaja juga dewasa.

Penyakit jantung pada umumnya disebabkan karena sel-sel jantung yang mati dan mengakibatkan pasokan darah ke jantung terhenti dan menimbulkan plak yang menyumbat pembuluh darah. Faktanya, penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu didunia bersama dengan penyakit stroke. Menurut keterangan dari Federasi Jantung Dunia, di Asia Tenggara sepanjang tahun 2014 kasus kematian akibat penyakit ini mencapai 1,8 juta kasus.

Baca: Inilah Manfaat dari Berbagai Jenis Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung Koroner

Sebelum memasuki gejala awal penyakit jantung koroner, ada baiknya jika anda mengetahui hal lain tentang penyakit mematikan yang satu ini.

Gejala awal penyakit jantung koroner.

Kenapa? Ya, ini adalah informasi penting dan tentu mempunyai hubungan dengan gejala awal.

Penyebab penyakit jantung koroner


Riwayat keluarga atau turunan

Kurangnya olahraga

Perokok aktif

Stress yang berlebih

Koloesterol tinggi yang berlebih

Gizi yang tidak seimbang

Gaya hidup yang buruk/tidak sehat

Pola makan yang tidak baik

Obesitas/kegemukanFaktor usia
Keseringan mengkonsumsi makanan kaleng, seafood, mengandung bahan kimia, daging olahan

Keseringan mengkonsumsi alkohol 

Kebiasaan merokok

Kolesterol tinggi

Tekanan darah tinggi

Diabetes dan obesitas

Gejala awal penyakit jantung koroner 


1. Rasa sakit pada leher dan lengan bagian kiri
Rasa sakit pada bagian leher dan lengan kiri mempunyai kaitan dengan rasa sakit pada dada. Pada awalnya hanya rasa sakit pada bagian dada yang kemudian menjalar sampai ke lengan kiri dan leher. Ini bukanlah gejala biasa dan penting bagi anda untuk mendapatkan pertolongan dokter sebelum kondisi anda semakin parah sulit untuk ditangani.

2. Mengalami gangguan tidur
Sangat tidak enak dan baik saat mengalami gangguan tidur yang menyebabkan istirahat anda tidak maksimal. Gangguan saat tidur bisa saja terjadi disebabkan oleh rasa sakit kepala yang berlebihan akibat kelelahan. Untuk itu, anda sebaiknya ke dokter untuk memastikan kondisi anda, apakah gangguan tersebut adalah gejala awal atau karena hal lain.

3. Cepat Lelah
Orang dengan gejala penyakit jantung koroner pada dirinya biasanya cepat lepah. Meskipun melakukan aktifitas ringan, biasanya dia akan merasa lelah yang tidak wajar. Inilah yang biasa terjadi pada orang yang memiliki gejala awal penyakit jantung koroner.

Baca: Bagaimanakah Cara Tepat Pengobatan Penyakit Jantung Koroner?

Jadi yang paling penting adalah penderita jantung koroner tidak boleh melakukan kegiatan berat atau berlebihan. Sekali melakukan aktivitas yang berlebihan, biasanya akan langsung merasa lelah yang berlebihan disertai rasa sakit pada bagian dada.


4. Nyeri pada dada
Nyeri pada dada bisa dialami siapa saja. Orang yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung koroner sangat mudah untuk menjaga kesehatan jantungnya sedangkan anda yang mempunyai riwayat penyakit jantung, maka agak sulit untuk merawat dan memulihkannya jantung anda kembali.

Jika rasa sakit pada dada muncul disertai dengan ciri lainnya, anda sebaiknya mendapatkan diagnosis yang benar dari dokter dan kami sarankan untuk mengubah pola hidup anda agar tidak keseringan merasakan sakit di dada.


5. Sering berkeringat yang tidak wajar
Berkeringat sebenarnya adalah hal yang wajar dan tampak normal ketika anda telah melakukan kegiatan berat seperti berolahraga atau karena faktor lain seperti cuaca yang panas. Yang masalah adalah jika anda berkeringat lebih/ tidak wajar tanpa adanya alasan yang masuk akal. Sebaiknya anda langsung ke dokter.

Jika anda mengabaikannya, bisa saja akan membuat kondisi anda menjadi semakin parah. Berkeringat yang tidak normal akan mengganggu dan anda tidak akan merasa nyaman berkeringat secara terus-menerus dengan mudah.

Untuk itu, segeralah ke dokter dan tanyakan apakah anda memang menderita jantung koroner atau hyperhidrosis.

Baca: Subhanallah!! Inilah Manfaat dari Sujud Terhadap Kesehatan Jantung dan Otak

6. Sakit pada punggungBila anda sering merasakan rasa sakit pada punggung dan anda merasa sakit tersebut tidak wajar, sebaiknya anda waspada. Hal ini memang bukan serta-merta gejala/ ciri penyakit jantung koroner karena sakit punggung bisa saja menandakan adanya penyakit osteoarthritis atau osteoporosis yang berhubungan dengan tulang.

Meski demikian, anda harus tetap waspada dan melakukan tindak pencegahan.


7. Sering mual dan muntah
Gejala penyakit jantung koroner mempunyai kemiripan dengan keadaan saat anda masuk angin, yakni kondisi mual dan muntah. Mual ini bisa saja disebabkan karena rasa khawatir dan cemas yang anda derita. Namun, pada umumnya ciri ini akan terjadi ketika penyakit jantung koroner kumat.

8. Sakit kepalaRasa sakit di bagian kepala bisa menjadi gejala/ ciri jantung koroner di mana anda akan merasa adanya ketidakseimbangan saat berdiri. Ada sensasi melayang yang anda akan alami ketika beraktivitas sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.


Sebab aliran darah anda tak lancar, maka sakit kepala juga merupakan ciri yang wajar terjadi sebagai tanda anda mengalami masalah pada jantung. Untuk memastikan hal ini, tentu berkonsultasi ke dokter dan menempuh metode diagnosis akan lebih baik dan sangat direkomendasikan kepada anda.

9. Detak jantung biasanya lebih cepat dan tidak beraturan
Cepatntidaknya detak jantung dikarenakan kegiatan yang memacu adrenalin, baik berjalan cepat, melakukan kegiatan yang berat dan sebgainya. Cepatnya detak jantung anda juga bisa disebabkan karena kejutan seseorang atau sesuatu. Intinya, detak jantung akan berubah cepat karena adanya rasa tegang atau cemas akan sesuatu hal.

Nah, saat anda tidak mengalami semua hal tersebut dan tiba- tiba detak jantung anda  berirama cepat, kemungkinan ini adalah ciri- ciri penyakit jantung koroner.

Selain detak jantung yang begitu cepat, irama dari detak jantung juga bisa menjadi tidak beraturan. Irama detaknya terkadang bisa stabil lalu cepat kemudian stabil lagi. Bisa juga detak berhenti sejenak yang kemudian lanjut menjadi stabil kembali dan berubah cepat.

Hal ini tentu dianggap tidak wajar jika anda sering mengalaminya tanpa ada alasan yang jelas. Saat detak jantung berirama tak beraturan, ini sebuah tanda bahwa jantung sedang mengalamo masalah, maka sebaiknya anda memeriksakannya.

Ada juga gejala penyakit jantung lainnya seperti:


Nyeri dada

Sering merasakan sakit kepala

Bagian perut yang membengkak

Detak yang tidak teratur

Sesak nafas dan terengah-engah

Selalu merasakan mual

Nafsu makan berkurang

Keluar keringat meskipun tidak beraktifitas

Rasa lelah terjadi meskipun tidak beraktifitas berat

Pada wanita sering merasakan rasa sakit pada tangan kanan 
dan lengan kiri

Pada pria rasa sakit sering terjadi pada lengan kiri

Rasa sakit dibagian tubuh lainnya seperti, bahu, leher, punggung, siku

Pembengkakan yang terjadi pada pergelangan kaki dan perut

Nah, sampai di sini artikel kali ini pemirsa, kami harap anda bisa cepat sembuh bilamana anda mengalami penyakit dan terus sehat bilamana anda sehat. Kami harap yang terbaik buat anda.

Terima kasih dan salam sukses.


EmoticonEmoticon