Jantung Anda Berdebar Kencang dan Sesak Nafas? Pertanda Apa Ini?

Jantung berdebar dan sesak nafas - Kali ini kami akan membahas dua hal sekaligus pada kesempatan kali ini, yakni "jantung berdebar" dan "sesak nafas".

Apa sih maksud/ tanda sebenarnya  dari kedua gejala ini? Ituah yang akan kami bahas.

Waspada jika jantung anda berdebar kencang dan sesak nafas

Wajar bilamana jantung anda berdetak setip waktunya. Namun bagaiamana jika jantung anda berdebar kencang disertai sesak pada pernafasan anda?

Tentunya hal ini harus anda waspadai sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Jantung berdebar bisa saja menjadi pertanda anda terkena penyakit jantung.
Jantung berdebar dan sesak nafas

Jantung berdebar kencang dan sesak nafas bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti gangguan otot, tulang, jantung, dan juga paru-paru, saluran pencernaan tidak normal atau bisa juga gangguan secara psikologis.


Penyebab jantung berdebar dan sesak nafas

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan jantung anda berdebar tidak normal dan sesak nafas:

a. Konsumsi Obat – Obatan
Mengonsumsi obat- obatan tertentu dapat menjadikan jantung anda berdebar secara tidak wajar. Obat yang bisa menyebabkan jantung berdebar yakni obat sesak nafas/ asma dan obat penyakit tiroid.

Jantung berdebar kencang juga bisa disebabkan oleh obat yang mengandung stimulan pseudoephedrine, salah satunya adalah obat batuk.


b. Hormon
Hormon akan berubah saat eorang wanita sedang mengandung, haid dan menopause. Horman yang berubah tersebut bisa menyebabkan jantung berdebar kencang. nah, jika jantung berdebar disebabkan oleh hal tersebut, maka tidak termasuk dalam kategori yang berbahaya.

c. Panik
Saat anda panik, hormon adrenaline anda akan lepas. Itulah sebabnya mengapa saat seseorang cepas atau panik bisa membuat jantungnya berdebar lebih kencang dari biasanya.

d. Adanya gangguan kesehatan seperti:

Kurang darah atau Anemia
Overaktif kelenjar tiroid
Aritmia
Elektrolit dalam tubuh tidak normal
Kekurangan glukosa atau gula darah
Demam
Rendahnya tekanan darah
Nah, jantung berdebar biasanya disertai dengan sesak nafas dan jika sesak nafas anda mulai akut dengan munculnya perasaan seperti terasa tercekik, maka anda sebaiknya segera ke dokter untuk berkonsultasi.

e. Kebiasaan 
Emosi/ perasaan anda seperti cemas, tegang dan sebagainya bisa jadi menjadi penyebab keluarnya hormon adrenaline yang dapat menyebabkan jantung berdebar kencang tiba- tiba. Di samping itu, makanan yang anda konsumsi juga bisa menjadi salah satu penyebab jantung berdebar seperti makanan pedas, alkohol, kopi berkafein dan rokok.

f. Dan lain lain
Seperti:

Gangguan irama jantung
Gangguan sistem sirkulasi
Kelebihan hormon tiroid
Dehidrasi
Penggunaan obat tertentu
Psikologis atau emosional

 
Selanjutnya adalah penyebab sesak nafas. Nah, sesak nafas ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti masalah jantung, paru-paru dan lambung.

Untuk mengetahui penyebab sesak nafas lebih tepatnya, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Dan jika perlu dapat dilakukan pemeriksaan tambahan, misalnya foto rontgen dada, pemeriksaan laboratorium darah rutin dan rekam jantung atau elektrokardiografi.


Jadi, pertanda apakah ini? Jawabannya itu adalah pertanda penyakit jantung

Jantung berdebar secara cepat dan tidak seperti biasanya, kemudian hal tersebut terjadi dalam waktu lama, maka sebaiknya hentikan aktifitas anda dan rehatlah sejenak. Sesak nafas yang terjadi walaupun anda tidak sedang mengerjakan sesuatu bisa saja menjadi pertanda penyakit jantung tingkat lanjut.
Segeralah ke dokter untuk memeriksa kesehatan anda
 Sakit pada bagian dada bisa terjadi dikarenakan darah yang terkandung dalam tubuh mengalami penurunan kekuatan pompa dari dalam jantung dan akibatnya darah bertumpuk pada organ paru- paru saat bernapas dan akhirnya terjadi sesak nafas.

Tips mencegah jantung berdebar dan sesak nafas

a. Kontrol stress dan kecemasan dengan melakukan relaksasi atau denganlatihan pernafasan
b. Hindari zat yang dapat menstimulasi detak jantung seperti kafein
d. Sering- seringlah untuk mengonsumsi air putih

Cara mengatasi jantung berdebar dan sesak nafas

Sekali lagi, mengalami jantung berdebar itu adalah hal yang wajar. Namun saat disertai dengan sesak nafas, maka itu sudah bukan lumrah lagi. Hal yang paling tepat untuk anda lakukan saat mengalami jantung berdebar dan sesak nafas adalah segera ke dokter untuk berkonsultasi. 

Selanjutnya, hindari hal yang dapat menenyebabkan jantung anda berdebar, seperti minum kopi, rokok, minuman pembangkit energi, dan masih banyak lagi.


Sering- seringlah melakukan kegiatan relaksasi untuk meredakan rasa panik anda. Untuk meredakan jantung berdebar secara permanen adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Jadi bisa dibilang bahwasanya gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab jantung berdebar. Salah satunya adalah makanan panas yang menjadi salah satu penyebab dari jantung berdebar. Olehnya itu, tips mengatasi jantung berdebar yakni dengan memulai pola hidup yang sehat.

Cobalah untuk berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol. Kurangi juga mengkonsumsi makanan yang mengandung kolestrol tinggi. Perbanyak minum air dan mengkonsumsi makan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Jantung berdebar yang tidak segera diatasi akan terus berdebar dengan kencang. Hal ini tentu sangat berbahaya karena bisa menjadi penyakit jantung koroner.


EmoticonEmoticon