Bagaimana Jika Jantung Berdebar Tiba- Tiba dan Cara Mengatasinya?

Jantung berdebar secara tiba- tiba biasa terjadi dan disebabkan karena beberapa faktor tertentu. Khusus anda atau keluarga anda yang sering merasakan keadaan ini, hendaknya mengetahui secara mendalam tentang jantung berdebar tiba- tiba ini dan bagaiaman cara mengatasinya.

Kali ini, kita akan membahas tentang gejala ini secara menyeluruh, mulai dari penyabab hingga cara mengatasinya. Baiklah, kita mulai....
Mengatasi jantung berdebar secara tiba- tiba

Penyabab jantung tiba- tiba berdebar kencang

1. Karena panik
Rasa panik dapat membuat anda merasakan jantung berdebar disertai dengan perasaan cemas yang amat, stres, takut dan gemetar serta biasanya keringat dingin.

2. Gaya hidup
Ketika anda sedang berolahraga, terburu-buru atau karena sangat gembira, maka tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan menyebabkan membuat jantung anda berdebar. Hobi mengkonsumsi makanan yang pedas, merokok, mengonsumsi miras dan berkafein juga dapat menyebabkan jantung berdebar.

3. Mengkonsumsi obat

Biasanya karena obat-obatan tertentu bisa menyebabkan jantung tiba- tiba berdebar. Misalnya  obat-obatan untuk asma dan untuk menangani gangguan tiroid. Obat batuk yang mengandung stimulan pseudoephedrine juga bisa menyebabkan hal ini.

Menjaga kestabilasan jantung

1. Jaga pola makan sehat
Jangan sembarang mengkonsumsi makanan yang tidak anda ketahui khasiatnya. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak mengandung lemak/ kolesterol jahat seperti gorengan. Makanan yang mengandung banyak serat adalah pilihan yang cocok untuk kesehatan jantung anda seperti oats, sayur dan buah-buahan.


Cobalah juga untuk mengkonsumsi makanan laut yang kaya akan asam lemak tak jenuh dan omega 3 serta 6. Konsumislah makanan laut tersebut secara bijaksana dan tidak berlebihan.


2. Berat badan normal
Kegemukan akan menekan jantung anda dan membuatnya bekerja lebih keras.

3. Jangan stres
Sebenarnya stress memiliki dampak positif, tetapi berlebihan stress akan sangat berbahaya bagi ketenangan hidup anda. Stres dapat membuat beban kerja jantung anda menjadi tidak normal. Karena itu, hindarilah stres.

Ininya adalah anda sebaiknya berolahraga secara rutin atau teratur. Olahraga  memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, salah satunya memperbaiki keadaan jantung anda. Olahraga dapat melatih jantung anda agar lebih kuat dan membuat pembuluh-pembuluh darah dalam sekujur tubuh menjadi lancar.

5. Hindari ini
Yang paling penting adalah jangan merokok, meminum minuman beralkohol, hindari penggunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya lainnya.Zat-zat tersebut sangat tidak baik dan merugikan tubuh anda. Zat-zat tersebut direkomendasikan untuk pemakaian tubuh bagian luar dan di bawah pengawasan dokter-dokter ahli dalam bidangnya.

6. Rutin periksa
Organ-organ di dalam tubuh anda ibaratnya mesin, perlu dirawat setiap waktu. Sama dengan jantung, anda sebaiknya melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan fungsi-fungsinya berjalan dengan optimal.

Cara meminimaliasir keseringan jantung berdebar secara tiba- tiba


1. Dengan cara batuk
Batuk sebenarnya bukan penyakit, melainkan lebih kepada respon tubuh kita untuk mengeluarkan benda asing melalui mulut. Ketika anda batuk, irama jantung menjadi lebih teratur. Meskipun hal ini kedengarannya sederhana, tidak ada salahnya untuk mencobanya.


2. Mandi dengan menggunakan air dingin
Mandi dengan air dingin akan mengembalikan irama jantung menjadi normal. Meski demikian, mandi dengan air dingin tampaknya sulit untuk beberapa orang, sayangnya anda harus terbiasa dengan yang satu ini.

3. Sering- sering latihan pernapasanLatihan pernapasan sangat membantu karena dapat menghilangkan kecemasandan juga dapat membuat anda lebih fokus dan mengurangi stres. Untuk itu, anda bisa mempelajari 3 jenis dasar pernapasan.

Jenis yang pertama yakni pernapasan perut, dimana anda akan bernapas melalui hidung dengan fokus pada perut. Yang kedua adalah diafragma, dimana anda akan menghirup udara dengan menggunakan hidung dan dikeluarkan kembali menggunakan mulut, dengan lidah dilipat ke atas dengan titik fokus diafragma atau antara dada dan perut. Dan jenis yang terakhir yakni pernapasan dada yang tekniknya sama dengan pernapasan diafragma, akan tetapi fokuspada bagian tengah dada dengan kecepatan pernapasan yang lambat.

4. Konsumsi magnesiumMagnesium dapat membuat jantung anda yang berdebar kencang kembali menjadi normal dan membuat tubuh anda lebih rileks. Selain itu, magnesium juga dapat membuat tidur menjadi lebih produktif dan nyaman. Anda bisa mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung magnesium atau membelinya di toko-toko.

5. Hindari dehidrasi
Dehidrasi dapat membuat jantung berdebar cepat. Olehnya itu, Anda memerlukan air putih untuk mengatasinya. Konsumsilah air putih secara konsisten setiap hari sebanyak minimal 8 gelas.

6. Bersantai dan istirahat
Kecemasan, kaget, stress dan tindakanlainnya dapat membuat jantung berdebar semakin parah. Ketika jantung anda berdebar cepat, usahakan untuk tetap santai dan rilek, kemudian beristirahatlah!! Faktanya, banyak sekali orang yang meremehkan istirahat, padahal sangat penting bagi penderita jantung untuk beristirahat.


EmoticonEmoticon