Inilah Cara Kerja Jantung Beserta Gambarnya Secara Lengkap

Manusia merupakah makhluk hidup yang sempurna, karena memiliki akal. Dengan akal mereka mereka dapat mencari tahu tentang keagungan Tuhan yang terdapat dalam tubuhnya.Salah satunya tentang bagaimana makhluk hidup dapat hidup.Salah satunya organ jantung.

Dengan anda mempeajari organ jantung maka anda akan mensyukuri bagaimana nikmat yang sudah Tuhan berikan kepada kita, padahal dari organ jantung saja anda akan merasakan begitu rumitnya perjalanan aliran darah dan tekanan darah yang dipompa jantung, namun Tuhan begitu luar biasa mengatur semuanya dengan sangat detail. Oleh akrena itu diharapkan setelah kami menjelaskan mengenai jantung dan cara kerjanya maka anda dan kami bisa lebih mensyukuri karunia Tuhan.

Cara kerja jantung dilengkapi dengan gambarnya. Source: pixabay.com

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara kerja jantung beserta gambarnya. Ada beberapa yang akan kami jelaskan pada anda.

Pertama kami akan jelaskan terlebih dahulu mengenai jantung

Gambar bagian jantung.


Gambar di atas adalah gambar jantung beserta bagian-bagian yang terdapat pada jantung.Jantung terbagi menjadi empat ruang, yaitu serambi kiri atau atrium kiri, bilik kiri atau ventrikel kiri, serambi kanan atau atrium kanan dan bilik kanan atau ventrikel kanan. Ruangan jantung sebelah kanan merupakan ruangan jantung yang darahnya mengandung oksigen, sedangkan darah pada ruangan jantung sebelah kiri adlah darah yang mengandung karbondioksida.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Jantung Memompa Darah ke Seluruh Tubuh? 

Setiap jantung terpisah oleh katup. Katup yang memisahkan antara serambi kiri dan bilik kiri adalah katup mitral, sedangkan katup yang memisahkan antara bilik kanan dan serambi kanan adalah katup tricuspid, bentuknya seperti serabut halus. Ada juga katup yang memisahkan antara jantung dengan pembuluh darah yang menghubungkan ke luar jantung, yaitu katup pulmoner yang memisahkan antara pembuluh arteri pulmonalis dengan bilik kanan.Katup aorta yang memisahkan antara pembuluh aorta dengan bilik kiri.katup jantung ini memiliki fungsi yang berbeda.

Berikut ini kami  jabarkan dalam 4 point:

1.  Katup Trikuspid. Mengatur darah dari atrium kanan ke ventrikel kanan.

2. Katup Pulmonal, mengatur aliran darah dari ventrikel kanan ke paru-paru, untuk mengambil oksigen di paru.

3. Katup mitral. Mengatur aliran darah dari paru yang kaya oksigen melewati atrium kiri ke ventrikel kiri.

4. Katup aorta. Mengatur aliran darah dari ventrikel kiri ke aorta yang kemudian  darah yang kaya oksigen tersebut diteruskan keseluruh tubuh

Jantung adalah otot yang memompa darah yag mengandung oksigen dan nutrisi makanan ke jaringan tubuh melalui pembuluh darah. Jantung akan terus berdenyut tanpa henti. Ketika jantung berhenti berdenyut maka aliran darah dalam pembuluh darah akan terhenti.

Dari setiap ruangan jantung, atrium atau serambi memiliki fungsi menerima darah yang berasal dari luar menuju ke jantung, baik darah yang mengandung oksigen maupun darah yang mengandung karbondioksida. Sedangkan ventrikel atau bilik memiliki fungsi memompa darah keluar jantung dengan dibantu oleh otot jantung.Otot jantung bernama otot papiler, fungsinya menggerkakkan katup dan memompa darah untuk keluar menuju pembuluh darah.

Cara kerja jantung adalah dengan system sirkulasi darah. Selain jantung  maka perlu pembuluh darah sebagai jalan masuk dan keluarnya darah. Pembuluh darah yang ada pada tubuh manusia terdiri dari tiga jenis, yaitu pembuluh darah arteri (Nadi) , pembuluh balik (vena) dan aorta.

Pembuluh nadi (arteri) merupakan pembuluh darah yang mengalrkan darah dari jantung ke seluruh tubuh, pembuluh arteri terbagi menjadi dua, yaitu aorta dan arteri pulmonalis.

Pembuluh aorta berfungsi untuk mengalirkan darah dari jantung (bilik kiri) ke seluruh tubuh. Aorta akan bercabang membentuk pembuluh arteriol, selanjutnya bercabang lebih banyak membentuk pembuluh kapiler yang didalamnya terjadi proses pertukaran oksigen dan karbondioksida.

Sedangkan arteri pulmonalis memiliki fungsi untuk mengalirkan darah yang kaya karbon dioksida dari jantung menuju ke paru-paru.

Baca juga: Apa Itu Penyakit Jantung Rematik, Gejalanya, dan Cara Mencegahnya? 

Pembuluh balik atau vena merupakan pembuluh yang mengalirkan darah dari seluruh tubuh menuju jantung.Pembuluh vena terbagi menjadi dua bagian yaitu vena pulmonalis dan vena tubuh.Vena pulmonalis memiliki fungsi untuk mengalirkan darah dari paru-paru menuju jantung bagian serambi kiri, sedangkan vena tubuh memiliki fungsi untuk membawa darah dari tubuh bagian atas (vena cava superior) dan bagian bawah (vena cava inferior menuju jantung.

Lalu bagaimana cara kerja jantung?

Berikut ini saya sertakan gambar cara kerja jantung.....
Cara kerja jantung dan gambarnya

Jantung adalah otot yang bekerja paling keras dalam tubuh manusia.Jantung berdetak sekitar 115.000 kali sehari, dengan tingkat rata-rata 80 kali per menit, yaitu sekitar 42 juta kali setahun.Untuk seumur hidup normal, jantung manusia memompa kurang lebih dari 3.000 juta kali – dan memompa jumlah darah sekitar satu juta barel.Bahkan ketika saat istirahat, jantung terus bekerja keras.

Kegiatan jantung yang berdenyut, maka semua ruang dalam jantung akan mengendur dan terisi oleh darah. Hal ini lah yang dinamakan diastole. Setelah fase diastole, jantung akan kembali berdenyut dan kemudian memompa darah keluar dari jantung, proses inilah yang dinamakan dengan isitlah sistol. Kemudian setelah dua proses diastole dan sistoltersebut, kedua serambi akan mengendur dan berkontraksi secara bersamaan. Kedua bilik jantung akan berkontraksi secara bersamaan. Setelah itu darah kotor atau darah yang memiliki kandungan karbon dioksida dan kehilangan oksigen yang berasal daris eluruh tubuh baik ginjal,, tangan,kepala,kaki, dan anggota tubuh lainnya akan masuk ke dalam jantung melalui dua vena.

Setelah atrium kanan terisi oleh darah yang masuk melalui vena cava tersebut, maka proses selanjutnya adalah atrium kanan akan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis.selanjutnya, darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis menuju ke paru-paru. Lalu darah akan mengalir ke pembuluh darah yang sangat kecil atau yang disebut juga pembuluh darah kapiler yang mengelilingi kantong udara di paru-paru. Disana proses penyerapan oksigen terjadi dan juga pelepasan karbon dioksida pun terjadi. Selajutnya, darah itu akan kembali dialirkan ke jantung.

Kemudian darah yang sudah kaya akan oksigen tadi kemudian akan dialirkan menuju ke dalam vena pulmonalis untuk kemudian dialirkan lagi ke atrium kiri. Peredaran darah yang terjadi di bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut dengan sirkulasi pulmoner.Hal ini karena darah dialirkan ke paru-paru. Selanjutnya, darah yang sudah berada di atrium kiri itu kemudian akan dialirkan kembali menuju ventrikel kiri. Proses ini melalui katup bikuspidalis atau mitral yang kemudian akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta. Aorta merupakan pembuluh darah terbesar di dalam tubuh.Selanjutya, pada proses terakhir, darah yang kaya akan oksigen ini akan dialirkan ke seluruh tubuh kecuali paru-paru.

Darah berjalan melalui sistim sirkulasi ke jantung dan dari jantung melalui 2 lengkung vaskuler (pembuluh darah) yang terpisah.Sirkulasi paru terdiri atas lengkung tertutup pembuluh darah yang mengangkut darah antara jantung dan paru. Sirkulasi sistemik terdiri atas pembuluh darah yang mengangkut darah antara jantung dan sistim organ..

Walaupun secara anatomis jantung adalah satu organ, sisi kanan dan kiri jantung berfungsi sebagai dua pompa yang terpisah.Jantung terbagi atas separuh kanan dan kiri serta memiliki empat ruang, bilik bagian atas dan bawah di kedua belahannya.Bilik bagian atas disebut dengan atrium yang menerima darah yang kembali ke jantung dan memindahkannya ke bilik bawah, yaitu ventrikel yang berfungsi memompa darah dari jantung.

Darah pada tubuh manusia mengalir melalui pembuluh darah sehingga peredaran darah ini disebut dengan peredaran darah tertutup.Peredaran darah pada manusia terdiri dari dua jenis peredaran, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.Peredaran darah kecil adalah kerja jantung yang melalui jantung paru-paru lalu kebali lagi ke jantung.Sedangkan peredaran darah besar dimulai dari jantung seluruh tubuh lalu kembali ke jantung.

Cara kerja jantung pada peredaran darah kecil, dimulai dari darah yang di bawa dari paru-paru dengan membawa darah yang mengandung oksigen, darah mengalir melalui pembuluh vena pulmonalis lalu menuju ke serambi kiri lalu ke bilik kiri.Selanjutnya keluar jantung melalui pembuluh aorta lalu meuju pembuluh arteri dan masuk keseluruh tubuh.

Di seluruh tubuh darah yang mengandung oksigen dibawa dan ditukar dengan karbondioksida dari organ tubuh lain seperti tangan, kaki, kepala, hati, ginjal, organ reproduksi, organ pencernaan, dan anggota tubuh lainnya.Darah dari seluruh tubuh yang mengandung karbondioksida selanjutnya dialirkan melalui pembuluh vena dan masuk ke jantung menuju serambi kanan lalu ke bilik kanan lalu keluar lagi dari jantung menuju pembuluh arteri pulmonalis menuju ke paru-paru untuk dituarkan lagi dengan oksigen yang ada di dalam paru-paru.Pertukaran oksigen dengan karbondioksida terjadi pada jaringan alveolus.

Demikian artikel yang dapat kami jelaskan kepada anda mengenai cara kerja jantung beserta gambarnya.


EmoticonEmoticon