Bagaimana Cara Kerja Jantung Memompa Darah ke Seluruh Tubuh?

Kali ini, kami kembali dengan pembahasan yang tak begitu wow. Namun, kami rasa ini cukup penting buat adik- adik yang sekedar ingin mengetahui cara kerja jantung dalam memompa darah. Ataukah bisa saja ada tujuan lain sehingga banyak orang yang ingin membaca artikel yang membahas tentang cara kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Namun bagaimana saat seseorang hamil dan jantung berdetak kencang? Jawabannya di sini!!

Seperti apa caranya? Simak pembahasannya berkikut ini!!!
Cara kerja jantung untuk memompa darah. Source: pixabay.com

Sedikit mengenai jantung!!!

Jantung adalah orang yang sangat penting. Letaknya di dalam rongga dada yang dilindungi oleh rongga mediastinum. Berat jantung manusia sekitar 255 gram untuk laki-laki dan 340 gram untuk perempuan, jadi lebih massa jantung wanita lebih besar yah (bukan berat),wkkwkwk. Hati- hat dengan penyakit jantung koroner yah!!

Nah, fungsi utama jantung yakni menyebarkan darah ke seluruh bagian tubuh. Pembagiannya, jantung manusia itu mempunyai 4 ruang yang terdiri dari dua serambi (atriuni) dan dua (ventrikel), masing masing kanan dan kiri.

Berbicara mengenai fungsi ke empat ruang tersebut kami rasa ide yang bagus dan perlu. Nah, serambi adalah tempat masuknya darah dari pembuluh balik (vena) dan katup yang menghubungkan serambi kanan dan kiri disebut katup vulvula bikuspidalis yang letaknya di jetus.
 
Perhatian!! Cara mencegah penyakit jantung!!!

Selanjutnya, fungsi bilik adalah untuk memompa darah dari jantung dan katup yang menghubungkan antara bilik kanan dan kiri adalah valvula trikuspidalis. Katup-katup tersebut berfungsi untuk menjaga agar darah dari bilik tidak kembali ke serambi. Selain itu ada katup lain yang terdapat pada pangkal aorta dan pangkal arteri pulmonalis yang disebut valvula serndunaris berbentuk bulan sabit. Fungsi katup ini adalah untuk menjaga agar darah tidak kembali ke jantung.

Cara kerja jantung memompa darah

Pertama, darah kotor yang kaya akan karbondinksida masuk ke serambi kanan dari seluruh tubuh melalui vena kava (vena terbesar). Selanjutnya, darah dari serambi kanan akan didorong masuk ke bilik kanan. Nah, melalui katup pulmoner nanti, darah akan mengalir dari bilik kanan menuju arteri pulmonalis untuk dibawa menuju ke paru-paru.

Melalui pembuluh yang sangat kecil, darah akan mengalir mengelilingi kantong udara di paru-paru untuk menyerap oksigen dan melepaskan karbondioksida.

Darah yang akan kaya oksigen nantinya mengalir ke serambi kiri melalui vena pulmonalis. Darah selanjutnya akan masuk ke bilik kiri yang berasal dari serambi kiri untuk selanjutnya diedarkan ke seluruh tubuh melalui aorta.

Selanjutnya, ada dua macam peredaran darah manusia:

Peredaran darah besar (sistem sirkulatoria magna) adalah peredaran darah yang mengalir dari bilik kiri jantung menuju ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru dan kembali ke jantung melalui serambi kanan.

Peredaran darah kecil (sistem sirkulatori parva) adalah darah yang dialirkan dari bilik kanan jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung melewati serambi kiri.

Saksikan videonya untuk lebih lengkap dan lanjut agar anda lebih mengerti!!

Fakta jantung manusia

Fakta yang mungkin belum banyak diketahui oleh pemirsa adalah detak jantung manusia sekitar 100.000 kali/hari dan diatur oleh peacemaker. Peacemaker/pacu jantung ini berfungsi untuk mengirimkan informasi elektronik ke otot jantung untuk berkontraksi. Selain memberikan informasi ke jantung, peacemaker juga menerima informasi dari otak.

Nah ternyata, setiap ruang jantung itu akan mengendur ketika jantung berdenyut. Karena hal itu, ruangan jantung akan terisi darah atau isitlahnya diastole. Darah akan dipompa keluar ketika jantung berkontraksi serambi kanan dan kiri akan relaksasi dan berkontraksi secara bersamaan. Bilik kanan dan bilik kiri juga akan berkontraksi dan relaksasi secara bersamaan.

Darah dari paru-paru yang masuk ke jantung melalui pembuluh balik paru-paru yang kaya akan oksigen akan masuk ke serambi kiri. Darah selanjutnya masuk ke bilik kiri melalui katup mitrat ketika serambi kiri ini berkontraksi. Katup mitral ini akan menutup jika bilik kiri berkontraksi dan katup aorta akan terbuka. Selanjutnya darah yang kaya oksigen akan diedarkan ke seluruh tubuh.

Sekian dari kami pemirsa, terima kasih dan salam!!


EmoticonEmoticon