Berikut Cara Kerja Jantung Secara Singkat dan Lengkap


Pada kali ini, kami akan membahas tentang cara kerja jantung secara singkat. Jantung memiliki fungsi memompa darah ke seluruh tubuh.Jantung dapat kita gambarkan sebagai pom bensin yang menyediakan energi untuk mobil dapat bergerak dan mengedarkan makanan ke seluruh konsumennya.

Jika tidak ada bensin maka tidak ada yang bisa menggerakkan. Sehingga tidak ada siklus kehidupan yang bergerak secara normal. Sehingga kita membutuhkan jantung untuk tetap bertahan hidup dan aliran darah di dalam tubuh kita dapat berjalan dengan baik dan lancar. Jantung bekerja menggunakan otot jantung, jantung bekerja secara reflex atau tanpa melalui kesadaran karena sarafnya berjalan melalui sumsum tulang belakang, bukan melalui otak atau system saraf pusat. Jantung bekerja secara terus menerut tanpa henti, karena terdapat sel mitokondria.

Cara kerja jantung secara singkat. Source: pixabay.com
Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara kerja jantung secara singat, padat dan jelas.
Sebelum kami menjelaskan tentang cara kerja jantung secara singkat, anda harus mengetahui apa saja bagian-bagian yang ada di dalam jantung.

Baca juga: Inilah Cara Kerja Jantung Beserta Gambarnya Secara Lengkap 

Jantung adalah sebuah rongga, rongga tersebut di gerakkan oleh sebuah otot yang bernama otot jantung. Letak jantung ada pada bagian kiri tubuh manusia, terletak disebelah kiri rongga dada, dan berukuran sekepal genggaman manusia. Otot jantung bekerja untuk memompa darah melalui pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang secara terus menerus tanpa henti.Darah menyupali oksigen dan nutrisi makanan pada tubuh.

Bagian jantung
Jantung dibungkus oleh selaput yang bernama pericardium yang mengandung sedikit cairan. Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan yaitu epikardium, miokardium dan endocardium. Berikut ini adalah fungsi dari masing-masing lapisan pada jantung:

1. Perikardium ialah lapisan terluar jantung yang merupakan membran yang membungkus jantung. Di dalamnya berisi cairan pericardium. Cairan ini berfungsi untuk m gesekan saat berdenyut.

2. Miokardium ialah lapisan otot jantung yang berfungsi untuk berkontraksi jantung berdetak selamanya.

3. Endokardium ialah lapisan dalam yang berupa selaput yang membatasi ruang jantung.

Secara fungsinya, jantung adalah tempat untuk memompa darah.Sehingga ada tiga organ yang berperan dalam sirkulasi darah ini. Organ tersebut adalah jantung, pembuluh darah dan darah itu sendiri.Jantung yang berfungsi sebagai pompa yang melakukan tekanan terhadap darah agar timbul gradien dan darah dapat mengalir ke seluruh tubuh.Pembuluh darah yang berfungsi sebagai saluran untuk mendistribusikan darah dari jantung ke semua bagian tubuh dan mengembalikannya kembali ke jantung.Darah yang berfungsi sebagai medium transportasi dimana darah akan membawa oksigen dan nutrisi.

Cara Kerja jantung secara singkat 

Darah berjalan melalui sistim sirkulasi ke jantung dan dari jantung melalui 2 lengkung vaskuler (pembuluh darah) yang terpisah.Sirkulasi paru terdiri atas lengkung tertutup pembuluh darah yang mengangkut darah antara jantung dan paru. Sirkulasi sistemik terdiri atas pembuluh darah yang mengangkut darah antara jantung dan sistim organ..Walaupun secara anatomis jantung adalah satu organ, sisi kanan dan kiri jantung berfungsi sebagai dua pompa yang terpisah.

Jantung terbagi atas separuh kanan dan kiri serta memiliki empat ruang, bilik bagian atas dan bawah di kedua belahannya. Bilik bagian atas disebut dengan atrium yang menerima darah yang kembali ke jantung dan memindahkannya ke bilik bawah, yaitu ventrikel yang berfungsi memompa darah dari jantung.

Jantung letaknya di dalam rongga dada yang dilindungi oleh rongga mediastinum. Berat jantung mantisia berkisar 255 gram untuk laki-laki dan 340 gram untuk perempuan.Fungsi utama jantung ialah menyebarkan darah ke seluruh tubuh. Jantung manusia memiliki empat ruang, yang terdiri dari dua serambi (atrium),yaitu serambi kanan dan serambi kiri dan dua (ventrikel), yaitu bilik kanan dan bilik kiri.

Selain memiliki serambi dan bilik, jantung dihubungakan dengan dua pembuluh darah yaitu pembuluh vena atau yang biasa anda kenal dengan pembuluh balik) dan pembuluh nadi atau yang biasa anda kenal dengan pembuluh arteri.Jantung dipisahkan oleh sebuah katup. Katup ini berfungsi untuk memisahkan darah yang masuk dan keluar dari jantung, karena walaupun jantung terdiri dari empat ruang, namun memiliki fungsi yang berbeda dari masing-masing ruangan, sehingga diperlukan katup untuk memisahkan darah yang mengalir didalamnya.

Pada jantung sebelah kanan darah mengandung darah kotor atau darah yang mengandung karbondioksida (CO2) dan darah pada jantung sebelah kiri adalah darah bersih yang mengandung oksigen (O2).Jantung sebelah kiri terdiri dari serambi kiri dan bilik kiri. Jantung sebelah kanan terdiri dari serambi kanan dan bilik kanan.

Fungsi serambi merupakan tempat masuknya darah dari pembuluh balik (vena). Katup yang menghubungkan antara serambi kanan dan serambi kiri disebut katup vulvula bikuspidalis yang terletak pada jetus. Fungsi bilik ialah untuk memompa darah dari jantung. Katup yang menghubungkan antara bilik kanan dan bilik kiri disebut valvula trikuspidalis. Katup-katup tersebut diperkuat oleh korda tendinae.Fungsi katup-katup tersebut ialah untuk menjaga agar darah dari bilik tidak kembali ke serambi.Katup yang terdapat pada pangkal aorta dan pangkal arteri pulmonalis (pembuluh nadi paru-paru) disebut valvula serndunaris yang berbentuk bulan sabit.Katup ini berfungsi untuk menjaga agar darah tidak kembali ke jantung.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Jantung Memompa Darah ke Seluruh Tubuh?

Setiap ruang jantung akan mengendur ketika jantung berdenyut. Akibatnya ruangan jantung akan terisi darah (diastole). Darah akan dipompa keluar ketika jantung berkontraksi serambi kanan dan serambi kiri akan relaksasi dan berkontraksi secara bersamaan. Bilik kanan dan bilik kiri juga akan berkontraksi dan relaksasi secara bersamaan.

Apabila serambi jantung dan bilik jantung mengembang atau berkontraksi, maka darah dari tubuh bagian atas, bagian bawah dan paru-paru akan mengalir ke serambi tubuh bagian atas terdiri dari kepala dan seluruh anggota kepala seperti mata, telinga, lidah, mulut,otak dan anggota atas tubuh, tubuh bagian bawah terdiri dari kaki dan lengan.

Peredaran darah dari tubuh atas menuju serambi kanan terjadi melalui pembuluh balik besar atas, sedangkan darah dari tubuh bagian bawah menuju ke serambi kanan melalui pembuluh balik besar bawah yang mana darahnya mengandung CO2.

Darah dari paru-paru kanan dan kiri menuju ke serambi kiri melalui pembuluh nadi paru-paru yang mengandung oksigen.

Pada saat serambi menguncup atau berkontraksi, maka katup antara serambi dan bilik akan terbuka.Sehingga darah dari serambi kiri masuk ke bilik kiri dan darrah dari serambi kanan masuk ke bilik kanan.

Cara kerja jantung secara singkat dapat di gambarkan sebagai berikut:

Dinding jantung berelaksasi, sehingga serambi jantung sebelah kanan dan kiri akan mengembang, sehingga menyebabkan darah dari tubuh dan paru-paru akan masuk ke serambi. Dinding serambi memacu darah melalui katup yang terdapa diantara serambi dan bilik sehingga darah masuk ke bilik. Dinding bilik berkontraksi, sehingga darah dengan tekanan tinggi akan masuk ke arteri, lalu darah menuju ke paru-paru dan seluruh tubuh.

Jantung berdenyut pada saat otot jantung sedang berkontraksi, denyut jantung kita dapat kita rasakan dengan meraba pergelangan tangan atau leher yaitu pada pembuluh nadi atau arteri yang berada di permukaan kulit.

Darah pada tubuh manusia mengalir melalui pembuluh darah sehingga peredaran darah ini disebut dengan peredaran darah tertutup. Peredaran darah pada manusia terdiri dari dua jenis peredaran, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Peredaran darah kecil adalah kerja jantung yang melalui jantung paru-paru lalu kebali lagi ke jantung.Sedangkan peredaran darah besar dimulai dari jantung seluruh tubuh lalu kembali ke jantung.

Namun jika anda ingin mengetahui cara kerja jantung yang lebih jelas, maka kami akan menjelaskan kepada anda.

Cara kerja jantung pada peredaran darah kecil, dimulai dari darah yang di bawa dari paru-paru dengan membawa darah yang mengandung oksigen, darah mengalir melalui pembuluh vena pulmonalis lalu menuju ke serambi kiri lalu ke bilik kiri.

Selanjutnya keluar jantung melalui pembuluh aorta lalu meuju pembuluh arteri dan masuk keseluruh tubuh. Di seluruh tubuh darah yang mengandung oksigen dibawa dan ditukar dengan karbondioksida dari organ tubuh lain seperti tangan, kaki, kepala, hati, ginjal, organ reproduksi, organ pencernaan, dan anggota tubuh lainnya. Darah dari seluruh tubuh yang mengandung karbondioksida selanjutnya dialirkan melalui pembuluh vena dan masuk ke jantung menuju serambi kanan lalu ke bilik kanan lalu keluar lagi dari jantung menuju pembuluh arteri pulmonalis menuju ke paru-paru untuk dituarkan lagi dengan oksigen yang ada di dalam paru-paru.Pertukaran oksigen dengan karbondioksida terjadi pada jaringan alveolus, gelembung-gelembung kecil yang menyerupai buah anggur.

Sekian artikel yang dapat kami sampaikan tentang cara kerja jantung sehat. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon