Berikut Cara Otot Jantung Bekerja Dengan Penjelasan Terlengkap!!!

Salah satu organ yang paling penting untuk makhluk hidup adalah jantung. Jantung menjadi organ yang wajib di miliki makhluk hidup untuk tetap bisa bertahan hidup.

Kenapa jantung sangat penting untuk bertahan hidup? 

Ibaratkan dalam sebuah kota, ada yang namanya pon bensin, yang menyalurkan bensin untuk kendaraan kendaraan yang akan melintasi jalanan kota untuk mendistribusikan sesuatu, baik ke rumah, ke kantor, ke sekolah, dan seluruh aspek kehidupan di masyarakat. Maka pom bensin yang mengisi energi untuk membuat mobil bisa berjalan di tujuan. Lalu kembali lagi ke pos bensin. Jika pom bensin tidak ada mak tidak akan ada transportasi kendaraan yang hilir mudik untuk mendistribusikan sesuatu. Inilah cara kerja otot jantung.
Cara kerja otot jantung.

Pom bensin ini sebagai jantungnya dan jantung dapat berbentuk dan bergerak melakukan aktivitasnya karena peran dari otot jantung inilah. Di dalam tubuh makhluk hidup tidak ada yang dapat bekerja sendiri, semua saling membutuhkan, saling memengaruhi termasuk cara kerja otot jantung yang membantu jantung untuk tetap berbentuk dan berproduksi.

Baca juga:  Berikut Cara Kerja Jantung Secara Singkat dan Lengkap

Sekarang kami lanjutkan lagi, tadi sudah kami jelaskan sedikit gambaran tentang jantung...

Selanjutnya tentang cara kerja otot jantung,sebelum kami membahas secara detail tentang otot jantung, anda perlu mengetahui bahwa otot terdiri dari tiga jenis, yaitu otot polos, otot lurik dan otot jantung. Jika otot polos bekerja pada bagian dalam tubuh dan pencernaan bentuknya polos, dan otot lurik bekerja pada bagian lengan dan berlari, maka pada otot jantung juga memiliki ciri khusus.

Berikut ini kami sampaikan ciri ciri otot jantung.


Ciri-ciri otot jantung diantaranya:
 
1. Bentuknya yang memanjang

2. Mempunyai Inti sel yang berada ditengah

3. Cara kerja otot jantung adalah bekerja secara tidak sadar atau refleks. Artinya jalan rangsangan pada otot jantung langsung melalui sumsum tulang belakang, bukan pada otak atau sistem saraf pusat. Karena bekerja tanpa diperintah melainkan di luar kesadaran manusia.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Jantung Memompa Darah ke Seluruh Tubuh? 

4. Jantung tidak berbentuk gelandang, melainkan terdiri daei serabut- serabut pembuluh darah.b jantung memiliki panjang 50 sampai 100 um, diameter berkisar diantara 14 um. Jumlah serabut otot jantung kurang lebih 1500 filamen

5. Serabut pada otot jantung berupa sarkolema dan terdiri atas myofibril-myofibril yang terlihat berdampingan

6. Otot Jantung terdiri atas satu dan dua inti sel atau bahkan dapat berjumlah tiga dan empat tetapi itu sangat jarang.

7. Otot jantung bekerja terus menerus tamnpa istirahat.

8. Otot jantung dipengaruhi oleh saraf otonom yakni saraf simpatik dan saraf parasimpatik. Saraf simpatik dan saraf parasimpatik berguna untuk mempercepat dan memperlambat kerja otot jantung.

9. Bentuk otot jantung adalah berbentuk silindris bercabang dan menyatu

10. Otot jantung memilik serabut yang bercabang-cabang

11. Otot jantung mempunyai diskus interkalaris, interkalaris adalah pembatas antar sarkomer.

Sebenarnya apa sih otot jantung? Mengapa otot jantung sangat penting? Apakah otot jantung termasuk bagian dari jantung? Bagaimana sih cara kerja otot jantung? Pertanyaan ini akan terjawab setelah anda membaca artikel kami

Pada paragraf sebelumnya, kami sudah menjelaskan tentang otot pada manusia yang terdiri dari otot polos,otot lirik dan otot jantung, dan kami sudah menjelaskan tentang ciri- ciri otot polos. Sekarang kami akan menjelaskan pengertian dari otot jantung itu apa?

Otot jantung adalah otot penyusun dinding jantung yang meliputi sel-sel cardiomycocyte atau sel otot myocardiocyteal yang berjumlah satu atau dua, tetapi adapun berjumlah 3 atau 4 inti sel yang sangat jarang terjadi pada jantung manusia.

Otot jantung disebut juga myocardium, Myo artinya otot dan Caridum artinya jantung.

Seperti yang telah dijelaskan di atas tentang ciri ciri otot jantung dan pengertian otot jantung, maka kami akan menjelaskan bagaimana cara kerja otot jantung bagi tubuh makhluk hidup terutama manusia.

Cara kerja otot jantung adalah bekerja secara tidak sadar atau bergerak secara refleks, karena cara kerja otot jantung tidak melalui sistem saraf pusat atau otak, melainkan melalui sumsum tulang belakang.

Sebenarnya walaupun otot jantung terletak pada jantung, tetapi otot jantung tidak hanya dikerjakan oleh otot jantung saja melainkan dikerjakan bersama otot polos. Jadi jantung manusia terdiri dari otot jantung dan otot polos. Dan yang perlu diketahui bahwa otot jantung adalah gabungan daei otot lurik dan otot polos.

Cara kerja otot jantung selain bekerja secara tidak sadar, cara kerja otot jantung adalah bekerja secara terus menerus tanpa berhenti sedikitpun. Dapat kita bayangkan ap yang akan terjadi jika otot jantung kita menghentikan gerakan denyutannya, dan tidak bekerja lagi, bagaimana jika otot jantung kita berhenti beberapa detik saja? Sudah dijelaskan diawali otot jantung bekerja seperti Pom Bensin, sumber kehidupannya kendaraan. Kendaraan dapat dibayangkan sebagai darah yang mengalir melalui jantung ke pembuluh darah manusia lalu mengeluarkan zat di dalam darah keseluruhan sel tubuh manusia. Dan semuanya diperlukan oleh jantung dan otot jantung.

Jantung adalah organ pada sistem peredaran darah dan yang menggerakkan kerja jantung adalah otot jantung itu sendiri.

Otot jantung dapat bekerja secara terus menerus karena ada satu sel yang membantunya dapat bertahan, yaitu mitokondria, mioglobin dan suplai darah sehingga dapat memungkinkan terjadinya metabolisme aerobik terus menerus dan adanya suplai oksigen dan nutrisi.

Sebenarnya seberapa penting  otot jantung untuk tubuh kita? Tentu saja sangat penting. Otot jantung memiliki fungsi yang bagus untuk proses kerja otot jantung itu sendiri. Berikut ini fungsi dari otot jantung:

1. Membantu memompa darah ke seluruh tubuh

2. Membersihkan tubuh dari hasil metabolisme karbondioksida (CO2)

3. Sel-sel pada otot jantung membantu dalam kontraksi sel lainnya

4. Otot jantung menyediakan cara pemompaan ventrikel pada jantung

5. Otot jantung berfungsi meremas darah sehingga darah dapat keluar dari jantung saat berkontraksi dan mengambil darah pada relaksasi


6. Menunjang kerja dari organ jantung

Setelah mengetahui Ciri-ciri otot jantung, pengertian otot jantung dan fungsi dari otot jantung, sekarang saya akan menjelaskan tentang cara kerja otot jantung. Otot jantung selain bekerja secara tidak sadar atau refleksi karena tidak melalui sistem saraf pusat atau otak manusia melainkan melalui sumsum tulang belakang, otot jantung juga bekerja secara refleksi dan kontraksi. Cara kerja otot jantung bisa kami jelaskan secara kimia, karena didalam otot jantung terdapat membran plasma dan sel mitokondria.

Kontraksi otot jantung, sama dengan kontraksi pada otot rangka dan otot polos, hal ini dipicu oleh depolarisasi membran plasma. Sel miokardium dihubungkan antar sel yang menyebabkan penyebaran potensial aksi dari satu sel ke sel lainnya. Sehingga perangsangan satu sel akan menyebabkan terangsangnya sel lain. depolarisasi dipicu oleh sekelompok sel yang disebut Sinoatrial (SA) node, yang terletak pada atrium kanan dekat tempat masuknya vena cava superior.

Sel otot jantung bersifat autoritmik yaitu sebagai otot yang mempunyai daya rangsang untuk dirinya sendiri, sehingga menyebabkan aksi potensial yang spontan yang menyebabkan proses kontraksi.

Adanya aksi potensial akan menimbulkan depolarisasi membrane serat otot dan berjalan lebih dalam kedalam serat otot pada tempat dimana potensial aksi dapat mendepolarisasi sarkolema dan sitem tubulus T, sehingga ion kalsium dari cairan ekstrasel masuk. Potensial aksi juga menyebabkan reticulum sarkoplasma melepaskan sejumlah besar ion kalsium kedalam myofibril.

Adanya ion kalsium dalam jumlah besar, efek penghambatan troponin/tropomiosin terhadap filament yang akan dihambat. Dengan meningkatnya ion kalsium maka akan meningkatkan gabungan kalsium troponin C. Komplek troponin akan mengalami perubahan bentuk yang menarik molekul tropomiosin dan memindahkannya lebih dalam kelekukan antara dua untai aktin. Sehingga bagian aktif dari aktin tidak tertutupi.

Setelah filamin aktin menjadi teraktivasi oleh ion-ion kalsium, kepala jembatan penyebrangan dari filamen myosin menjadi tertarik ke bagian aktif filament aktin.

Setelah kepala jembatan penyebrangan melekat pada bagian aktif menimbulkan kekuatan intramolekuler yang akan menyebabkan kepala miring ke arah lengan dan menarik filament aktin segera setelah kepala miring secara otomatis terlepas dari bagian aktif kembali ke arah normal. Kemudian kepala akan berkombinasi bagian aktif yang baru sepanjang filament aktin, kemudian kepala miring lagi untuk menimbulkan power stroke baru, yang membuat kepala jembatan penyebrangan membelok ke depan dan ke belakang berjalan sepanjang filament aktin, menarik ujung filament aktin ketengah filament myosin sehingga terjadi kontraksi.

Proses tersebut akan berlangsung terus. Kontraksi akan terus berlangsung.


EmoticonEmoticon