Bagaimana Jika Jantung Anda Berdebar Saat Hamil 2 Bulan? Ini Solusinya!!

Saya terinspirasi dari seseorang yang bertanya tentang istrinya yang mengalami jantung berdebar saat hamil 2 bulan. Nah, sebenarnya apa yang terjadi dengan jantung berdebar ini?? Serupa dengan yang hamil 4 bulan, memiliki penjelasan tersendiri.

Jantung berdebar, meskipun hal merupakan salah satu tanda bahaya kehamilan, dan jika anda mengalami keluhan satu ini, janganlah khawatir. Sebaiknya anda mencari tahu apa penyebab dan cara mengatasi jantung berdebar saat hamil dengan melaporkannya pada dokter kehamilan. 

Apakah sesuatu yang normal atau justru berbahaya bagi wanita hamil bila jantung sering berdebar? 

Jawabannya......

Ada 2 kemungkinan ternyata pemirsa sekalian..

Bisa saja hal yang normal, ATAUKAH gejala suatu penyakit, yah tergantung dari situasi dan konsdisi nya pemirsa...
Jantung berdebar saat hamil 2 bulan, apa yang terjadi? Source: pixabay.com

#Kemungkinan pertama:

Dimana ini termasuk hal yang wajar- wajar saja dikarenakan adanya perubahan fisiologi pada saat wanit sedang hamil. Nah, perbahan ini disebabkan adanya janin yang meningkatkan jumlah darah yang dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh. Baca juga: Gejala penyakit jantung pada wanita muda

Sama halnya dengan perubahan hormonal yang ternyata dapat menyebabkan gejala jantung terasa berdebar kencang dan cepat dimana hal ini disebut juga palpitasi. Kondisi ini sering terjadi pada ibu hamil dan biasanya akan berhenti dengan sendirinya sehingga tidak memerlukan penanganan khusus.

Jadi itulah.....

#Kemungkinan kedua

Yakni dimana wanita yang sedang hamil 2 bulan mengalami jantung berdetak kecang merupakan pertanda suatu penyakit bilamana kondisi tersebut disertai gangguan lainnya seperti rasa ingin pingsan, pening, lemas, dan nyeri dada serta sesak nafas yang berlangsung terus menerus sepanjang kehamilan. Nah, besar kemungkinan palpitasi tersebut disebabkan oleh penyakit, misalnya anemia/ kurang darah sehingga sangat disarankan untuk berkonsultasi dan memeriksa kesehatan ke dokter kandungan.

Baca juga: Obat penyakit jantung terbaru

Meningkatnya detak jantung saat hamil 2 bulan memang merupakan salah satu tanda bahaya kehamilan yang musti diwaspadai, apalagi jika keluhan ini disertai dengan gejala-gejala lain seperti sembelit, perut kembung, atau sakit kepala. 

Perlu anda ketahui bahwa, selama kehamilan, volume darah seorang ibu hamil akan bertambah sebanyak 40%. Hal ini tentu membuat kerja jantung lebih berat dalam memompa darah, apa lagi jika kadar hormon estrogen meningkat di dalam tubuh. 

Selanjutnya, beberapa penyebab jantung berdebar saat wanita hamil antara lain karena faktor makanan, minuman, kesehatan, atau karena stres. Berikut ini adalah penjelasan dari penyebab-penyebab tersebut. 

1. Faktor makanan 

Meskipun MSG merupakan bumbu yang aman untuk dikonsumsi bagi ibu hamil, akan tetapi jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan, hal ini akan membuat anda menjadi sering mengalami jantung berdebar saat hamil. 

Solusinya, sebaiknya kurangilah konsumsi MSG selama kehamilan. Gantikan dengan penyedap rasa natural yang aman seperti bawang merah dan seledri. 

2. Asupan kafein 

Kopi adalah salah satu minuman yang dilarang bagi ibu yang sedang mengandung. Kopi ini bisa menjadi penyebab meningkatnya detak  jantung selama masa kehamilan. Meski kafein bisa meningkatkan kinerja otak anda dan memacu semangat, akan tetapi kafein juga bisa meningkatkan gejala kecemasan pada adrenalin yang berujung pada naiknya kerja jantung. 

3. Kekurangan magnesium 

Kekurangan mineral magnesium dapat menyebabkan jantung berdebar lebih kencang selama kehamilan. Oleh karena itu, pisang dengan magnesium tinggi adalah solusi yang tepat selama masa kehamilan untuk mengatasi naiknya adrenalin jantung.

4. Kekurangan zat besi 

Kurangnya zat besi dalam tubuh anda akan mengakibatkan produksi sel darah merah tidak maksimal yang pada akhirnya akan menyebabkan anemia selama kehamilan yang membuat anda menjadi letih, lesu, lemah, lelah, dan lunglai. 

5. Stres fisik 

Stress selama kehamilan secara fisik maupun psikologis akan berpengaruh terhadap kondisi ibu hamil di trimester berapapun. Nah, selain berpengaruh pada pertumbuhan janin dalam kandungan, kelelahan juga berpotensi membuat seorang ibu hamil mengalami gejala pusing dan jantung berdebar selama kehamilan.

Nah, itu tadi penjelasan tentang jantung berdebar saat bulan kedua/ ke-2 kehamilan seorang wanita. Terima kasih dan salam!!!


EmoticonEmoticon