Jantung Berdebar Saat Hamil 4 Bulan? Apa yang Harus Dilakukan?

Salam pemirsa, kali ini di saat yang bahagia, kami update untuk artikel terbaru lagi dengan topik "jantung berdebar saat hamil bulan ke-4". Nah, timbul pertanyaan, bagaiamana dengan penyakit jantung  berdebar saat sorang wanita hamil? Apa yang terjadi sebenarnya dan sebaiknya apa yang anda lakukan untuk mengatasi kondisi yang seperti ini?
Baca juga: Jantung berdebar hamil 2 bulan

Baiklah, saatnya masuk ke pembahasan.....

Jantung berdebar pada bulan ke 4. Source: pixabay.com

Biasanya, seseorang yang baru memasuki kehamilan 4 bulan itu mengalami perasaan ini seperti kiranya orang yang gugup. Meski demikian, kondsisi ini tidak sampai menyebabkan perasaan takut atau sakit. Namun sepertinya banyak yang khawatir akan kondisi ini dikarenakan kemungkinan penyakit jantung.

Ternyata..........

Baca juga: Penjelasan Penyakit Jantung Bawaan Sianosis Terlengkap

Ada 2 kemungkinan, normal atau gejala penyakit... Kenapa?

Penjelasannya, saat anda hamil, akan ada banyak hal yang berubah dalam tubuh seorang wanita hamil, salah satunya adalah perubahan hormonal. Selain itu, hal yang biasanya juga terjadi yakni semakin banyaknya cairan dalam tubuh dan kerja ekstra jantung untuk memompa darah bagi ibu dan calon bayinya. 
Tentunya semua hal ini dapat menyebabkan denyut jantung yang semakin kencang secara tiba - tiba terutama saat kehamilan wanita semakin besar. Saat trimester 3, usia kehamilan 7-9 bulan, detak jantung akan bertambah 10 - 20 kali lipat permenit untuk memenuhi kebutuhan janin.

Beberapa penyebab jantung semakin cepat diantaranya:
Stress
Gangguan cemas
Minuman yang mengandung kafein
Obat obatan teruatama obat flu
Gangguan jantung
Anemia

Selanjutnya, khusus untuk orang yang sudah lama menderita gangguan jantung bahkan sejak sebelum hamil, baik karena gangguan irama jantung, penyakit jantung kororner, dan jenis penyakit jantung lainnya, bisa saja keluahan selama hamil akan bertambah. Olehnya itu, anda sangat direkomendasikan untuk melakukan kontrol rutin dengan dokter jantung dan dokter ahli kandungan yang merawat selama ini.

Baca juga: Patofisiologi Penyakit Jantung Iskemik yang Harus Anda Tahu! 

Nah, jika anda ternyata tidak mengalami keluhan jantung selama ini, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan anda untuk melihat apakah dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis jantung dan juga untuk melakukan pemeriksaan pendukung lainnya seperti EKG, holter monitor, pemeriksaan darah, Ekokardiografi, dll.

Nah, apa yang sebaiknya anda lakukan?

1. Perkisa sejauh mana berat badan anda bertambah selama kehamilan, usahakan agar tidak berlebihan

2. Rutinlah berolahraga dan senam saat hamil ringan

3. Sebisa mungkin untuk menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein

4. Rajin kontrol ke dokter kandungan

5. Apabila ada keluhan sesak, seperti mau pingsan, dan sebagainya, segera ke rumah sakit terdekat

6. Konsumsi banyak sayur dan buah- buahan

7. Pastikan makanan anda mengandung cukup gizi dan cocok untuk buah hati

8. Konsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan janin. Untuk itu anda bisa mencarinya di google.

Terima kasih dan salam!!!


EmoticonEmoticon