Apakah Mungkin Terserang Penyakit Jantung Saat Usia 20 Tahun?

Usia 20 tahun dan terkena penyakit/ serangan jantung, apakah itu mungkin pemirsa?  Yah, bisa saja hal itu terjadi dan bisa saja tidak. Tentu jika anda mengambil tindakan pencegahan yang tepat, anda mungkin tidak perlalu khawatir dengan hal ini.

Jantung terasa tertusuk- tusuk dan nyeri bisa saja menjadi gajala dan ciri- ciri terjadinya penyakit jantung. Baiklah pemirsa untuk lebih lengkapnya, inilah ciri dan gejala penyakit jantung yang perlu anda waspadai:

20 tahun terjadi penyakit jantung. Source: pixabay.com

Gejala penyakit jantung pada umumnya

#1. Sering Keringatan
Jangan salah paham dulu, yang kami maksud di sini adalah keringat dingin yah pemirsa, kalau keringat hasil olahraga itu mah sehat. Nah, jika telapak anda sering basah dan terasa dingin tanpa sebab, bisa saja hal ini menjadi tanda adanya kelainan pada jantung anda. Penyebabnya adalah sirkulasi darah yang tidak teratur. Jika hal ini terjadi pada anda, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter.

#2. Letih, lelah dan lesu
Semakin cepat detak jantung anda, maka semakin banyak energi yang dibutuhkan. Nah,  apabila anda memiliki kelainan jantung, maka rasa letih, lelah dan lesu akan cepat menyelimuti tubuh anda ketika anda melakukan aktifitas seperti berlari, berjalan, bahkan ketika bangun tidur.

#3. Rasa nyeri di dada
Inilah yang menjadi gejala umum penyakit jantung, saya ulangi inilah gejala umumnya. Penyumbatan arteri pada bilik jantung bisa menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa pada dada bagian kiri dimana jantung terletak. Meskipun rasa nyeri di dada bisa saja disebabkan oleh hal lain, sebaiknya anda tidak menganggap remeh hal ini, terutama saat anda merasakan nyeri sehabis beraktifitas berat , seperti berlari ataupun mengangkat sesuatu.

#4. Sakit kepala
Sakit kepala yang tiba- tiba datang dan pergi bisa juga menjadi awal penyakit jantung. Hal ini karena jantung adalah motor sirkulasi darah. Nah, ketika ada disfungsi pada jantung anda dan sirkulasi darah menjadi terganggu, maka otak akan mengalami efek yang paling utama. Inilah yang menyebabkan sakit kepala tiba- tiba.

#5. Sesak nafas
Sesak nafas adalah suatu gejala yang sering kali ditemukan pada seseorang yang menderita gagal jantung. Sesak nafas ini diseababkan karena masuknya suatu cairan ke dalam rongga udara yang terdapat pada paru-paru.

#6. Jantung berdebar
Jika anda sering merasakan jantung berdebar cukup kencang secara tiba-tiba, maka anda perlu waspada. Hal ini menjadi pertanda ada kelainan pada jantung anda.

Untuk lebih detailnya, silahkan ....

Nah, bagaimana dengan usia yang 20?

Hampir semua jenjang usia berpotensi terkena serangan jantung, selama...

Jawabannya,  penyakit jantung bisa saja terjadi.. Maksud saya, usia di bawah 20 tahun pun berpotensi terkena penyakit jantung jikalau mereka tidak menerapkan pola hidup sehat. Jadi jangan salah sangka dengan usia 20 tahun. 

Usia tua pun, jika tetap konsisten dengan pola hidupnya, life-stylenya yang baik, rutin olahraga, in sya Allah, mereka akan terjaga dari penyakit yang satu ini.

INTINYA jaga pola hidup sehat dan segera melapor ke dokter bilamana timbul gejala yang kurang sehat. Seperti yang telah kami sebutkan di atas.

Berikut langkah yang bisa anda tempuh untuk mencegah penyakit jantung pada usia 20 tahun. Setidaknya anda berusaha untuk  mencegahnya:

1. Rutinlah berolahraga dan rajin periksa diri ke dokter
Pemirsa, bukan hanya orang sakit yang harus menemui dokter dan diperiksa, akan tetapi orang sehat pun perlu dokter. Sebaiknya anda rutin melakukan skrining kesehatan jantung dari sekarang. Bicarakanlah pada dokter tentang sesuatu yang penting bagi anda, seperti gaya hidup dan cek tekanan darah, kolesterol, detak jantung, gula darah, serta indeks massa tubuh anda.

2. Aktif bergerak
Bergerak aktif dapat meminimalisir terjadinya penyakit jantung pada usia muda, 20 tahun. Kata Dr Stein:
"Jika Anda terbiasa melakukan aktivitas fisik, Anda akan lebih mudah mempertahankannya,"

3. Hindari rokok
Nah, ini yang paling penting, bilamana anda terbiasa merokok, maka denga  sangat sungkan kami katakan saatnya untuk berhenti. Perlu anda ketahui, paparan asap rokok pada perokok pasif ternyata dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Faktanya, orang yang tidak merokok 30% cenderung lebih berisiko terkena penyakit jantung karena mereka ternyata menjadi perokok pasif di rumah atau kantor. Hal ini dilaporkan oleh U.S. Surgeon General.

Sipp.... Terima kasih dan salam!!!

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon