Inilah yang Menjadi Penyebab Penyakit Jantung Sering Kambuh!! Baca!!!

Memiliki jantung yang sehat adalah dambaan setiap manusia. Dengan memiliki jantung yang sehat maka hidup akan lebih indah dan nyaman, anda dapat melakukan aktivitas yang nyaman seharian, akan tetapi kurangnya pola hidup sehat yang diterapkan menyebabkan banyak penyakit yang muncul dalam tubuh anda sehingga banyak terjadi penyakit-penyakit yang mematikan dan berbahaya.

Akibat tidak menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan yang baik untuk tubuh, olah raga teratur dan cukup melakukan aktivitas olah raga, sehingga memunculkan penyakit ringan, namun karena terlalu sering sehingga penyakit ringan itu memunculkan penyakit penyakit berbahaya dan menyulitkan kita untuk bertahan hidup. Contohnya adalah penyakit jantung. Mungkin penderita pada awalnya hanya mengalami gangguan sesak napas, namun karena tidak menjaga kesehatannya kondisi penyakitnya semakin parah dan menjadikan nya penyakit jantung,  beberapa penyebab lain yang menjadi penyebab jantung sering kambuh.
Waspadai biaya rumah sakit yang mahal bilamana penyakit jantung anda kambuh.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang bagaimana dan apa saja penyebab penyakit jantung sering kambuh. Karena penyakit jantung sangat mudah untuk kembali dan sangat mematikan.Ketika penyakit jantung sering kambuh, apalagi penyakit jantung itu adalah penyakit yang datangnya tiba-tiba, sehingga anda harus mewaspadainya.oleh karena itu anda harus memahami tentang penyebab penyakit jantung sering kambuh.

Pada artikel kami, ada beberapa jenis penyakit jantung yang sering kambuh dan dapat mengancam siapa saja, baik anak-anak, balita, orang dewasa maupun orang tua, tidak melihat jenis kelamin, baik laki-laki maupun perempuan.
Hati- hati dengan penyakit jantung yang kambuh!!

Penyebab penyakit jantung jadi sering kambuh

Berikut ini beberapa gejala yang penyakit jantung berdasarkan penyebabnya:

1. Penyebab penyakit jantung sering kambuh adalah anda mempunyai kolestrol yang tinggi, kolestrol yang tingi dapat menghambat kerja jantung sehingga darah sulit untuk mengalir dalam pembuluh darah, pembuluh darah akan menyempit karena lemak yang banyak akan menumpuk pada pembuluh darah dan bercampur dengan darah.

Kondisi lemak yang banyak menyebabkan penyumbatan dan membuat jalur untuk darah melewatinya sulit sehingga menyempit dan menyebabkan penyumbatan. Inilah penyebab jantung sering kambuh, factor utamanya adalah kolestrol yang tinggi akibat anda terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak seperti makanan berminyak gorengan, makanan bersantan dan lainnya.

2. Penyebab penyakit jantung sering kambuh kedua adalah hipertensi. Hipertesni istilah lainnya adalah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi diakbatkan karena beban kerja jantung dan darah yang terlalu banyak, sehingga jantung harus memompa lebih cepat. Sehingga menyebabkan penyakit jantung sering kambuh. Biasanya anda terlalu sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi.

3. Penyebab penyakit jantung sering kambuh ketiga adalah gula darah tinggi. Penderita gula darah tinggi biasanya dimiliki oleh penderita diabetes, penderita diabetes lebih beresiko terkena penyakit jantung baik diusia muda maupun lanjut.
Baca juga: Inilah Penyebab Penyakit Jantung, Gejala dan Cara Pencegahannya

Hal ini dikarenakan kandungan gula dalam daraha terlalu tinggi, ini sama dengan kolesterol, yang dapat menghambat jalannya dan aliran darah pada pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan yang berdampak pada penyebab penyakit jantung sering kambuh. Biasanya anda yang memiliki gaya hidup dengan makanan yang manis dan gula tinggi berpotensi untuk memiliki penyakit jantung kambuh.

4. Pola hidup yang tidak sehat seperti kurang melakukan aktivitas fisik seperti olah raga. Kurang olah raga dapat menyebabkan penumpukkan lemaklemak dalam tubuh dan darah. Sebenarnya olah raga adalah pencegahan yang paling murah bakan gratis bagi siapa saja yang mau hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.
 
5. Selain olah raga, tanda penyakit jantung sering kambuh adalah sering minum alcohol dan merokok, karena dapat merusak organ tubuh seperti jantung, dan ini akan menyebabkan darah tidak dapat melewati pembuluh darah.

6. Yang terakhir adalah faktor genetik, karena penyakit jantung dapat diwariskan dari orang tuanya, maka bagi anda yang memiliki riwayat penyakit jantung dari orang tua sebagiknya menghindari penyebab penyakit jantung yang sering kambuh.

Dari ulasan diatas, anda tahu bahwa penyebab utama dari penyakit jantung sering kambuh adalah pola hidup tidak sehat.

Ada penyebab lain dari penyebab penyakit jantung sering kambuh, berikut ini penjelasannya:

#1. Penyakit jantung kambuh akibat pembuluh darah. Pembuluh darah merupakan jalan sirkulasi darah untuk sampai ke seluruh organ tubuh dengan mengalirkan oksigen dan nutrisi makanan baik gula, lemak, mineral, protein dan lainnya. Anda bisa membayangkan seperti sebuah jalan raya yang lancar, maka tidak aka nada penyumbatan arus mobil yang harus mengantarkan paskan makanan ke toko-toko. Semua akan berjalan dengan lancar.

Namun jika jalan raya mengalami kemacetan panjang, akan berdampak pada produksi makanan dan terjadi kemacetan panjang. Sama hal nya dengan pembuluh darah, akibat ada sesuatu yang menghambat sehingga aliran darah tidak lancar, menyebabkan pembuluh darah menyempit, bengkak dan tidak elastis.

Penyebab awal  yang dirasakan anda biasanya seperti rasa sakit pada bagian dada yang menyebabkan sesak nafas, gangguan pernafasan yang secara tiba-tiba, anda mengalami sakit di bagian tangan dan kaki, ada tekanan yang tinggi pada bagian ulu hati atau perut bagian atas. Anda perlu mewaspadai tanda-tanda penyakit jantung kambuh.

2. Tanda penyakit jantung kambuh seperti kelainan detak jantung yang tidak normal, kadang lebih cepat dan kadang melambat. Penyebab penyakit jantung sering kambuh dapat menyerang siapapun baik orang dewasa maupun anak-anak.

Tandanya biasanya timbul getaran yang kuat pada bagian dada, detak jantung mmeiliki ritme yang sangta cepat sehingga membuat kesulitan bernafas, detak jantung yang melemah membuat anda memiliki kondisi tubuh yang lemah dan sulit beraktivitas, sakit pada bagian dada dan sakit yang menyerang kepala dan menyebabkan pingsan.

3. Orang yang menderita kelainan jantung atau cacat jantung sejak lahir. Bayi yang memiliki kegagalan jantung harus memiliki perawatan yanag intensif. Beberapa gejalanya seperti warna kulit yang terlihat pucat dan biru, perkembangan bayi sedikit lambat dan tidak sesuai dengan perkembangan bayi lainnya, berat badan bayi sulit bertambah, terjadi pembengkakkan pada kaki dan tangan, mengalami sesak nafas.

4. Salah sau penyebab penyakit jantung sering kambuh adalah penebalan yang terjadi di bagian otot jantung. Hal ini akan memperburuk keadaan jika tidak segera ditangani, tanda awalnya sesak nafas yang menyebabkan kesulitan untuk beraktivitas, rasa lelah sehingga sulit bergerak, terjadi pembengkakan.

5.  Infeksi pada jantung menjadi penyebab penyakit jantung sering kambuh

Infeksi jantung termasuk dalam kelainan jantung yang membutuhkan perawatan dalam waktu yang lebih cepat. Infeksi ini bisa menyerang siapa saja, termasuk untuk laki-laki dan perempuan.Infeksi yang paling sering terjadi adalah infeksi pada daerah sekitar jaringan jantung (perikarditis), infeksi yang terjadi pada otot bagian tengah jantung (miokarditis) dan infeksi yang terjadi pada bagian membran pemisah ruang jantung dan katup jantung (endokarditis).

Gejala yang dapat diketahui jika terkena infeksi jantung adalah:

1.  Demam yang terjadi secara mendadak dan tidak seperti jenis demam pada flu atau kelelahan.

2.  Kesulitan bernafas yang bisa menyebabkan pingsan.

3.  Tubuh akan lebih sering merasa lemah dan tidak bisa melakukan berbagai aktivitas.

4. Detak jantung yang semakin cepat sehingga menyebabkan penderita merasa sangat berdebar seperti ketika sedang ketakutan.

5.  Batuk kering yang sangat lama.

6.  Timbul bintik-bintik merah pada bagian semua bagian kulit tubuh.


6. Gejala kelainan katup jantung
Jantung yang sehat memiliki empat katup yang bisa membuka dan menutup dengan baik. Setiap katup akan membuka dan menutup untuk mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Beberapa jenis kelainan katup jantung adalah seperti masalah bocor pada katup, penyempitan pada jaringan katup dan proses katup yang tidak bisa menutup dengan benar.

Gejala yang biasanya terjadi pada masalah katub jantung adalah:

1. Tubuh akan terasa sangat lelah meskipun tidak beraktivitas atau hanya melakukan aktivitas ringan saja.

2. Kesulitan bernafas yang menyebabkan rasa sakit pada bagian dada.

3. Irama jantung menjadi tidak teratur, kadang cepat dan kadang lambat sehingga terasa sangat berat.

4. Kehilangan kesadaran secara tiba-tiba.

5. Pembengkakan pada bagian kaki hingga pergelangan kaki.

Tips Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung memang bisa menyerang siapa saja bahkan termasuk anak-anak. Orang tua yang memiliki kelainan jantung bisa menyebabkan anak-anak juga menderita penyakit yang sama. Tapi penyakit jantung yang disebabkan diluar kelainan jantung masih bisa dicegah.Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung.

1.    Hindari merokok. Rokok mengandung nikotin yaitu zat yang bisa tertinggal dalam saluran pernafasan jantung dan pembuluh darah. Nikotin sering menyebabkan masalah pada jantung terutama penyakit jantung yang disebabkan karena pengerasan pembuluh darah pada jantung.

2.    Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Gejala penyakit jantung pada tahap awal memang tidak terdeteksi. Namun untuk menemukan kelainan pada jantung sebaiknya dilakukan dengan memeriksa kesehatan secara berkala seperti pemeriksaan tekanan darah, kadar kolesterol dalam darah dan juga kadar gula dalam darah.

3.    Lakukan olahraga secara teratur. Orang yang bisa melakukan olahraga secara teratur bisa membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah, kadar gula dalam darah, kadar kolesterol normal dan membuat jantung menjadi lebih sehat.

4.    Konsumsi makanan sehat untuk jantung. Konsumsi seimbang makanan kaya serat, protein, vitamin dan mineral sangat baik untuk jantung. Hindari konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi berlebihan.

5.    Konsumsi makanan penurun kolesterol dapat meningkatkan kinerja jantung.

6.    Hindari stres. Stres yang berlebihan bisa menyebabkan tekanan jantung yang sangat berat. Tanpa disadari maka stres bisa mempengaruhi kesehatan otot jantung dan menyebabkan penyakit jantung.

7.    Lakukan pola hidup yang sehat dan bersih. Selain menjaga lingkungan tempat tinggal yang bersih, maka Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh seperti selalu mencuci tangan sebelum makan, menjaga kesehatan gigi dan tidak mengkonsumsi makanan yang sudah tidak segar atau terlalu lama disimpan di kulkas.

Mengingat penyakit jantung adalah jenis penyakit paling mematikan di dunia, anda wajib waspada dan mencegah sedini mungkin. Hindari bahaya alkohol adalah salah satu yang paling penting agar jantung tetap sehat.


EmoticonEmoticon