Waspadai Tanda - Tanda Penyakit Jantung Bisa Kambuh!!

Tuhan menganugrahi kita tubuh dengan lengkap dan gratis, menciptakan dengan segala kerumitannya.Jika kita bayangkan, dengan segala struktur fungsional tubuh kita, begitu hebatnya Allah bisa menciptakan dengan sangat detail sesuai tugasnya masing-masing.

Allah swt. menciptakan sebuah organ yang sangat vital dan begitu penting bagi tubuh kita.Jantung merupakan organ yang paling penting bagi kehidupan manusia, karena jantung merupakan organ yang berfungsi untuk memompa darah, dan dengan sirkulasi darah yang dialirkan melalui pembuluh darah, jantung memompa tanpa berhenti sedikitpun dengan otot-otot yang sudah diatur.
Waspada tanda penyakit jantung kambuh!!!!

Darah membawa zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti oksigen, nutrisi makanan bagi tubuh dan menukarkannya dengan racun-racun serta sisa metabolisme tubuh baik dari hasil pernafasan seperti karbondioksida, keringat, urine dan lainnya. Semua yang mengatur proses tersebut karena peran jantung.

Oleh karena itu, patut bagi kita untuk bisa menjaga jantung kita untuk tetap sehat agar tidak ada tanda tanda dari penyakit jantung kambuh dan menyebabkan penderita penyakit jantung kambuh.

Pola hidup manusia memang bermacam-macam, ada yang memang menjaga tubuh dan kesehatannya terutama jantung, ada pula yang karena ketidak tahuannya melakukan pola hidup tidak sehat, sehingga menyebabkan penyakit jantung dan menunjukkan tanda-tanda penyakkit jantung kambuh.

Tanda penyakit jantung kambuh yang datang pada diri manusia tidak memandang usia maupun jenis kelamin, bahkan anak-anak pun dapat mengalami tanda penyakit jantung kambuh. Oleh karena itu anda harus menjaga dan mencegah terjadinya tanda penyakit jantung anda kambuh dari sejak dini.

Sebelum kami menjelaskan kepada anda tentang tanda tanda penyakit jantung kambuh, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai kiat agar jantung tetap sehat tanpa ada gangguan pada jantung. Menjaga agar jantung tetap sehat adalah sebagai berikut:

1. Tubuh memiliki banyak energi

Salah satu ciri yang membuktikan bahwa tubuh dan jantung anda baik-baik saja adalah  banyaknya energy yang ada dalam tubuh anda, anda merasa tidak cepat lelah, walaupun aktivitas anda cukup padat.

 

2. Denyut jantung anda yang normal

Kedua anda bisa menghitung denyut jantung anda dengan menekan bagian urat nadi di tangan. Jumlah denyut nadi orang yang jantungnya sehat dan normal adalah 72 denyut per menit.

3. Beraktifitas

Sering kali pada saat anda melakukan aktivitas berlari, menaiki anak tangga anda akan merasakan kelelahan atau mengambil nafas yang tersenggal-senggal. Pada saat itu anda merasa kesulitan bernafas. Namun jika belum sampai sesak atau asma kambuh, maka jantung anda masih sehat dan normal.

4. Berat badan normal

Pernahkah anda mendengar penyakit obesitas? Obesitas merupakan tanda orang memiliki kelebihan berat badan, dan bagi orang yang mengalami obesitas merupakan ciri penyakit jantung. Maka, jagalah berat badan anada agar tetap normal dan terhindar dari penyakit jantung kambuh.

Ada berbagai jenis ganguan penyakit pada jantung atau macam-macam penyakit jantung yang perlu Anda ketahui dan  perluAnda waspadai. Karena banyak masyarakat awan yang menganggap jika penyakit jantung itu hanya penyakit jantung koroner, padahal penyakit jantung koroner adalah salah satu dari jenis penyakit jantung.

Seperti yang telah kita ketahui jantung merupakan organ penting dalam tubuh kita berupa sekumpulan otot seukuran kepalan tangan orang dewasa yang berfungsi untuk memompa dan mengalirkan darah yang kaya oksigen dan nutrisi penting lainnya keseluruh bagian tubuh. Ketika salah satu bagian jantung mengalami gangguan, maka fungsi kerja jantung akan terganggu dan secara otomatis fungsi kerja organ lainnya akan terganggu.

Macam-macam penyakit jantung dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis tergantung dari penyebabnya.Berikut ini beberapa jenis penyakit jantung yang waspadai, semoga dengan mengenal macam-macam penyakit jantung serta penyebabnya Anda bisa lebih menyayangi dan menjaga jantung kesehatan jantung, harapan lainnya dengan mengetahui jenis penyakit jantung Anda dapat melakukan pencegahan lebih dini.

Jenis jenis penyakit jantung dapat digolongkan menjadi beberapa jenis.Anda harus mewaspadai beberapa penyakit jantung yang bisa menjadi tanda penyakit jantung kambuh. Sehingga apabila anda telah mengetahui tjenis penyakit jantung kambuh anda akan lebuh menjaga tubuh dan jantung anda untuk tetap hidup sehat dan anda bisa mencegahnya.

Dari berbagai jenis penyakit jantung yang ada, maka berikut ini adalah tanda tanda penyakit jantung kambuh diantaranya:

Tanda penyakit jantung kambuh. Source: pixabay.com

 1. Jantung sering lemah

Istilah lemah jantung adalah memiliki nafas yang pendek dan tersenggal-senggal, pada saat anda melakukan aktivitas yang padat, menaiki anak tangga atau berlari cepat anda akan mengalami sesak nafas dan kesulitan bernafas, namun untuk tanda penyakit jantung kambuh ini tidak hanya terjadi pada saat beraktivitas ekstrem saja, namun saat anda mengalami stress berat pun dapat menyebabkan sesak nafas atau kesulitan bernafas, maka terjadilah tanda penyakit jantung kambuh yang disebut sesak nafas.

2. Gangguan sistem saraf

Bagi anda yang sering mengalami gangguan saraf seperti lupa atau amnesia ringan maka ini menjadi gejala atau tanda penyakit jantung kambuh. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi otak dan oksigen kedalam darah.

3. Batuk

Jika anda sering mengalami batuk-batuk dan tidak pernah sembuh selama berbulan-bulan, atau disaat tertentu ketika anda sedang mengalami kondisi pikiran yang stress atau kacau, akan timbul sakit batuk berlebihan, maka ini adalah tanda tanda penyakit jantung kambuh.

4. Sering lelah

Jika tubuh anda sering mengalami lelah dan mengeluarkan keringat berlebih pada tangan maupun kaki, padahal anda tidak sedang beraktifitas padat, atau anda mengeluarkan banyak keringat ketika anda sedang beraktifitas, mudah pingsan, hal ini merupakan tanda tanda jantung lemah dan tanda tanda penyakit jantung kambuh.

5. Sakit kepala

Apalbila anda mengalami sakit kepala dan menyebakan anda kurang focus, maka ini adalah tanda penyakit jantung kambuh.

6. Rasa takut

Biasanya ketika anda merasa ketakutan atau dikagetkan seseorang, jantung anda akan berdebar sangat kencang, maka hal ini wajar, namun jika tidak ada pemicu dari luar atau tiba-tiba jantung anda berdetak kencang tanpa pemicu dari luar, maka ini menjadi tanda penyakit jantung kambuh. Hal ini terjadi karena jantung sedang berupaya untuk menutupi kelemahannya dengan mempercepat cara kerja jantung dan mengalirkan seluruh darah ke seluruh tubuh.

7. Anggota tubuh menjadi bengkak

Ketika bagian tangan dan kaki anda mengalami pembengkakan, hal ini terjadi karena aliran darah yang berasal dari jantung untuk dialirkan ke seleuruh tubuh menjadi terhambat atau berhenti di bagian pembuluh darah. Maka pembengkakakan pada anggota tubuh menjadi salah satu tanda penyakit jantung kambuh.

8. Kelainan pada perut

Perut anda terlihat membesar namun kembung, seperti terdapat cairan .hal ini terjadi karena fungsi jantung sudah tidak berfungsi lagi dan menghambat kerja hati sehingga cairan darah tidak dapat mengalir dengan baik, hal ini menjadi tanda penyakit jantung kambuh.

9. Hati membesar

Terjadi karena aliran darah dari dan menuju jantung terhambat, sehingga darah dihati menjadi banyak dan tidak dapat teralirkan dengan baik, sehingga terjadi pembengkkaan dalam organ hati, hal ini akan menimbulkan ketidak nyamanan dalam perut dan membuat kehilangan nafsu makan. Ini merupakan tanda-tanda penyakit jantung kembuh.

10. Terjadi pembesaran pada urat leher

Terjadi karena pembuluh vena di leher sisi kiri dan sisi kanan depan. Aliran darah di sekitar kepala menuju jantung terhambat dan banyak menumpuk, ini merupaka tanda-tanda penyakit jantung kambuh.

11. Kehilangan nafsu makan

Ketika anda mulai kehilangan nafsu makan maka berat bada anda akan menurun. Penyebabnya anda akan merasa cepat kenyang dan mual selain itu terjadi gangguan pada hati, hal ini menjadi tanda penyakit jantung kambuh.

12. Tekanan darah menjadi tidak stabil

Darah menjadi tidak stabil bisa saja pertanda jantung bermasalah.

Tekanan darah yang tidak normal, baik menjadi tinggi maupun menjadi rendah. Hal ini sudah menjadi rahasia umum yang merupakan tanda penyakit jantung kambuh. Penyebabnya adalah karena terdapat kadar garam yang tinggi dalam tubuh, sehingga dapat dikatakan bahwa pemicu dari gagal jantung adalah karena ginjal harus bekerja lebih ekstra yang menyebabkan tekanan darah menjadi naik. Ini merupaka salah satu tanda penyakit jantung kambuh.

13. Jantung berbunyi mendesir

Tidak hanya berdebar atau berdetak sangat kencang, namun jantungnya akan mengeluarkan bunyi. 

Demikianlah tanda penyakit jantung yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon